Logo Eventkampus

Rutin Berenang, Ternyata Ini Manfaat Jitunya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Rutin Berenang, Ternyata Ini Manfaat Jitunya

  Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati orang dari berbagai usia. Olahraga santai ini merupakan cara terbaik untuk bersantai dan memperbaiki mood. Selain itu, ternyata dengan berenang kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu lho.

    Namun pastikan juga bahwa kamu telah mengetahui cara renang yang benar sebelum memulai olahraga ini. Manfaat berenang untuk kesehatan tubuh manusia, Yuk langsung saja simak sampai habis.

       Manfaat yang bisa didapatkan ketika berenang untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari olahraga renang yang bisa kamu dapatkan jika Anda rutin melakukan kegiatan berenang.


1. Melatih Pernafasan

Dengan berenang, kita mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena ketika kita berenang maka badan kita akan menggunakan otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru dan juga pembuluh darah menjadi lebih lancar.


2. Mengurangi Stres

Nah, selain bermanfaat untuk melatih pernafasan, ternyata dengan berenang kita juga bisa mengurangi stress dan menenangkan pikiran lho.

Melakukan kegiatan berenang secara rutin terbukti dapat mengurangi tingkat stress seseorang dan mengurangi depresi hingga mampu memperbaiki pola tidur. Maka dari itu jika kamu sedang stres atau banyak pikiran, berenanglah dengan ringan dan santai agar stres tersebut hilang.


3. Meninggikan Badan

Jika kamu ingin memiliki tubuh yang tinggi, berenang merupakan hal wajib untuk anda. Dengan melakukan gerakan renang yang benar, tubuhmu bisa menjadi tinggi meskipun membutuhkan waktu yang agak lama.


4. Menyehatkan Jantung

Selain itu, dengan berenang kamu juga bisa menyehatkan jantung milikmu dan menjaga kesehatan paru-paru, para peneliti telah mengatakan bahwa dengan berenang dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan orang yang jarang berenang.


5. Berenang Baik untuk Asma

Aktivitas berenang ternyata baik untuk penderita asma, manfaat ini bisa kamu dapatkan karena kelembapan dari air menggantikan kelembapan yang dikeluarkan selama pernapasan yang kuat. 

Kegiatan ini sangat efektif untuk orang yang sedang menderita kondisi penyakit paru-paru kronis seperti asma.


6. Bisa Menurunkan Berat Badan

Dengan berenang selama satu jam akan membantumu membakar kalori sebanyak 715 kalori. Bahwa perenang profesional mampu menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.


7. Mengontrol Kolestrol

Manfaat berenang yang terakhir adalah dapat mengurangi kolestrol LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan kolestrol baik berkat kekuatan aerobiknya.

Dengan melakukan berenang, kolestrol Anda akan stabil dan membuat tubuh Anda tetap dalam kondisi yang sehat.


Nah, itulah manfaat dari renang yang bisa kamu dapatkan jika melakukan olahraga ini secara rutin dan benar. Yuk berenang dengan rutin agar tubuh tetap sehat.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar