Logo Eventkampus

Tips Mengatasi WhatApp Pending Terus Dengan Mudah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Mengatasi WhatApp Pending Terus Dengan Mudah

Sebagian besar pengguna smartphone merk dan jenis apapun, hampir dipastikan menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang tua, teman, hingga pasangan ya. Tapi banyak penggunanya sering mengeluh, lantaran WhatsApp sering pending atau error, sehingga pesan yang ingin disampaikan menjadi tidak terkirim, bahkan tidak diterima. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas dan memberikan tips bagaimana cara mengatasi WhatsApp pending, sehingga kamu nggak lagi menemui masalah saat berkomunikasi menggunakan WhatsApp.

1.     Hapus Cache

Cache adalah data yang disimpan sementara oleh HP untuk mempercepat proses jalannya aplikasi. Alih-alih ingin melancarkan proses baca aplikasi, justru membuat aplikasi jadi error dan hal ini juga berlaku untuk Whatsapp. Jadi, ketika kamu merasa sering menggunakan Whatsapp, maka kamu harus rajin untuk membersihkan Cache Whatsapp.

2.     Restart HP

Permasalahan pendingnya Whatsapp tidak mengenai jaringan internet ataupun aplikasi lain yang ada di HP kamu. Bisa jadi, masalah Whatsapp pending timbul karena HP kamu yang agak bermasalah.  Cobalah untuk melakukan restart pada HP, kemudian jalankan lagi aplikasi Whatsapp seperti biasa. Kirim ulang pesan Whatsapp yang sebelumnya mengalami pending. Biasanya, dengan cara ini maka Whatsapp akan lebih lancar dan normal.

3.     Periksa Terlebih Dahulu Internet Yang Di Gunakan

Masalah WhatsApp pending ini sebenarnya karena urusan sepele, yaitu jaringan internet yang tidak memadai alias bermasalah. Oleh karena itu, sebelum kamu bingung untuk mencari solusinya, perhatikan apakah kamu sedang dalam jaringan internet yang baik. Kamu bisa mencoba untuk mengubah operator seluler lain, atau mengkoneksikan smartphone ke jaringan Wi-Fi yang tersedia dan bisa diakses gratis.

4.     Hindari Aplikasi Pembersih Ram

Tips lainnya untuk mencegah dan mengatasi Whatsapp pending adalah, dengan menghindari, atau bila perlu tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM. Memang, aplikasi pembersih RAM ini dipercaya untuk menjaga kestabilan dan kondisi HP, bahkan beberapa aplikasi mengklaim bisa menjaga kecepatan HP agar tidak sering nge-lag. Maka usahakan untuk lebih baik tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM. Dengan begitu, aplikasi Whatsapp Anda bisa dijalankan lebih lancar dan lebih stabil karena tidak terganggu dengan kehadiran aplikasi lainnya.

5.     Gunakan  Mode Pesawat

Selain mengubah pengaturan jaringan, kamu juga bisa memanfaatkan mode pesawat yang ada di HP kamu. Cara mengatasi Whatsapp pending ini dengan mengaktifkan mode pesawat kemudian non-aktifkan kembali mode pesawatnya.

6.     Non-aktifikan Fitur Penghemat Daya

Memang, fitur penghemat daya ini sangat dibutuhkan dan sangat berguna untuk pengguna smartphone, baik Android maupun iOS. Namun sayangnya, fitur ini terkadang membuat Whatsapp pending lho. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, karena fitur penghemat daya akan menyala otomatis saat HP kamu akan habis baterai, biasanya baterai yang tersisa hanya 15%. Nah, saat fitur ini menyala, otomatis Whatsapp pun akan mengalami pending karena harus memangkas penggunaan daya baterai. Tentu saja dengan begini, Anda akan kesulitan mengirim atau mendapatkan notifikasi chat dari Whatsapp.

7.     Update & Install Ulang Whatsapp

Masih pending juga? Kalau begitu cek update terbaru dari aplikasi Whatsapp kamu. Ada kemungkinan masalah pendingnya Whatsapp karena kamu belum melakukan pembaruan untuk aplikasi Whatsapp. Sehingga, timbul permasalahan pending karena Whatsapp versi lama tidak menyediakan beberapa fitur seperti yang ada di Whatsapp versi baru. Tapi, kalau ternyata kamu sudah melakukan pembaruan pada aplikasi Whatsapp dan masih tetap pending, maka cobalah untuk uninstall aplikasi Whatsapp tersebut. Setelah itu, barulah install kembali aplikasi Whatsapp-nya. Biasanya, cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan pending pada Whatsapp.

Itula 7 tips mengatasi WhatsApp pending, biar pesan kamu cepat terkirim. Jadi, sekarang kamu udah nggak bingung lagi dengan masalah WhatsApp pending kan? Semoga informasinya bermanfaat, dan selamat mencoba ya!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar