Logo Eventkampus

5 Manfaat Menakjubkan dari Kolang Kaling

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Manfaat Menakjubkan dari Kolang Kaling

Bagi anda penggemar jajanan es, pastinya sudah asing lagi dengan kolang kaling. Kolang-kaling merupakan camilan berwarna putih, berbentuk lonjong, dan memiliki tekstur kenyal ketika dimakan.

Kolang kaling sering dianggap sebagai makanan ringan yang memiliki rasa lezat ketika diolah menjadi kolak atau olahan makanan manis lainnya. Kolang kaling berasal dari biji pohon aren yang berbentuk lonjong berkulit hijau dan bergetah. Tak hanya enak, manfaat kolang-koling baik untuk kesehatan lho.

Kandungan nutrisi Kolang-kaling

Buah koling-kaling dikenal memiliki kandungan air yang cukup tinggi, hingga 93%. Selain air, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein 0,69 gram, dan kandungan karbohidrat 4 gram.

Buah Kolang-kaling kaya akan kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.

Bentuk dan tekstur buah kaling ini membuatnya terlihat unik, dan sangat cocok sebagai pelengkap es buah. Selain rasanya yang enak dan bentuknya yang sangat menarik, manfaat kolang-koling sangat bagus untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi.

Kolang-kaling juga mengandungan mineral seperti protasium, zat besi, kalsium, di mana semuanya memiliki manfaat yang dapat memperlancar proses metabolisme dan membuat tubuh menjadi sangat segar.

Manfaat kolang-kaling bagi Kesehatan

Selain enak, berikut ini khasiat kolang-kaling yang baik untuk kesehatan anda.

1. Melancarkan pencernaan

Ketika berpuasa, seringkali pencernaan tidak bekerja dengan baik sehingga menimbulkan masalah pada pencernaan. Kondisi tersebut membuat tubuh terasa tidak nyaman selama berpuasa.

Ternyata, untuk mengatasi masalah tersebut, kolang-kaling menjadi solusinya. Sebab, manfaat kolang-kaling dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi masalah sulitnya buang air besar.

2. Menyehatkan tulang

Selama ini anda mungkin hanya tahu bahwa untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang hanya perlu minum susu setiap hari. Namun, tidak hanya susu saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang.

Khasiat kolang-kaling ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kalsium yang terkandung di dalam kolang-kaling yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

Khasiat kolang kaling juga dapat menguatkan tulang, karena kolang kaling merupakan sumber kalsium. Kalsium dapat memperkuat tulang, sehingga membantu mencegah osteoporosis.

3. Menurunkan berat badan

Kolang kaling juga cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sebab, selain mengandung karbohidrat yang bisa diandalkan sebagai sumber energi bagi tubuh, manfaat kolang-kaling juga ternyata mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan. Sehingga, bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat ketika menjalani program diet.

4. Menyehatkan jantung

Khasiat kolang-kaling juga dapat menyehatkan jantung, karena seratnya yang tinggi dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari kolesterol, yang memicu penyakit arterioclerosis, ini karena terhalangnya sistem kardiovaskular.

5. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin, yang bermanfaat memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika zat besi dalam tubuh tercukupi, maka tubuh dapat mencegah terjadinya anemia.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

10 Manfaat Kismis untuk Kesehatan
30 Januari 2020
5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan
30 Januari 2020
Manfaat Air Tebu Efektif Buang Racun,Kuatkan Otot Hingga Atasi Jerawat
31 Januari 2020
Menakjubkan, 5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh
31 Januari 2020
Manfaat Jawer Kotok, Ampuh Obati Wasir dan Sembelit
31 Januari 2020
Manfaat Daun Antanan Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit
31 Januari 2020

Komentar