Logo Eventkampus

Indonesian Race Conference 5

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Indonesian Race Conference 5

Perkembangan dunia refrigerasi dan tata udara dewasa ini semakin mengalami kemajuan. Dengan semakin banyaknya sumber daya manusia yang bergelut dalam bidang ini, baik akademik, praktisi maupun pengusaha, diharapkan dapat memiliki jalinan yang baik, guna meratakan engineer yang kompeten dalam menangani berbagai tuntutan yang harus dihadapi. Dengan mengusung tema Indonesian RACE Conference, diharapkan setiap mahasiswa refrigerasi dan tata udara di Indonesia dapat lebih dalam mengetahui lingkungan kerja di bidang tersebut. Indonesian RACE Conference ini merupakan acara tahunan himpunan mahasiswa refrigerasi dan tata udara (HMRA) Politeknik Negeri Bandung yang diadakan sebagai ajang pertemuan calon-calon RHVAC Engineer dimasa depan. IRC bertujuan untuk membekali para calon RHVAC Engineer agar menjadi engineer yang mampu bersaing di era global. Tahun ini IRC akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 9 desember 2017 dari pukul 7.00-17.40 di Conference Room P2T POLBAN dengan mengusung tema "Toward The Future With The Efficient Energy".

Dengan diisi 2 sesi seminar, sesi petama yaitu variable refrigerant flow system dengan pembicara Gusraman Simatupang dari Panasonic Gobel Indonesia yang akan memberikan materi mengenai teknologi dan keunggulan dari sistem VRF. VRF adalah salah satu sistem AC yang banyak digunakan sekarang ini. Sedangkan teknologi VRF sendiri sudah ada sejak tahun 80an, dan baru banyak digunakan tahun 2000 an. Perbedaan VRF dengan AC Split adalah jika AC Split mempunyai expansion valve hanya pada outdoor nya, sedangkan dalam sistem VRF setiap indoor mempunyai Expansion Valve. Hal ini yang membuat Sistem VRF hanya memerlukan satu jalur pipa dari outdoor ke indoor nya. Dimana satu outdoor dapat melayani beberapa Indoor sekaligus.

Sesi kedua yaitu hydrocarbon refrigerant dengan pembicara Aseng Gunawijaya dari Arion Teknik untuk membekali para engineer muda mengenai refrigeran yang ramah lingkungan. Dan diakhir acara akan diisi dengan sharing forum komunikasi mahasiswa refrigerasi se-Indonesia mengenai dunia RHVAC untuk membangun networking sehingga terjalin hubungan baik jangka panjang dan diharapkan dengan terlaksananya acara ini seluruh lapisan yang terlibat dalam bidang refrigerasi dan tata udara dapat mempererat tali silaturahmi dan menjalin kerjasama terutama jalinan antara mahasiswa dengan pihak perusahaan. Berperan sebagai pendorong (motivator) gerakan menuju pekembangan refrigerasi di Indonesia yang lebih maju. Mendukung proses peningkatan ilmu dan teknologi di bidang refrigerasi melalui penyebaran informasi dan pengembangan konsep.

 

Penulis

foto Nadyass
Nadyass
Politeknik Negeri Bandung
Lahir : Bandung Tanggal : 26 Juni

Komentar