Logo Eventkampus

Fakta Tentang Semut Ini, Mengejutkan Banget Lho!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Fakta Tentang Semut Ini, Mengejutkan Banget Lho!

Kamu pasti sering mendengar peribahasa ada gula ada semut ya. Peribahasa tersebut tak hanya sekadar kalimat kosong lho. Kamu pasti sering menemukan semut di manapun kamu berada. Dari semut pekerja kecil, hitam, tak bersayap berlarian di trotoar, merangkak pada tanaman, merawat kutu daun, atau mengumpulkan remah-remah lezat dari dapur. Sedangkan semut terbang yang kadang-kadang muncul di malam musim panas yang hangat sebenarnya adalah saudara kandung dari pekerja bersayap ini. Tidak hanya itu, berikut hal-hal lain yang menarik soal semut:

1.     Semut Dapat Membantu Manusia Dan Lingkungan

Semut memiliki pengaruh besar dalam ekosistem di seluruh dunia dan peran mereka beragam. Sementara beberapa semut dianggap hama, yang lain bertindak sebagai agen pengontrol biologis. Semut menguntungkan ekosistem dengan membantu penyebaran benih, penyerbukan tanaman, serta membantu meningkatkan kualitas tanah. Semut juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita, sebagai sumber potensial obat-obatan baru seperti antibiotik .

2.     Kecil-Kecil Cabe Rawit

Julukan kecil-kecil cabe rawit boleh disematkan kepada semut, meskipun tubuhnya berukuran 2 hingga 25 milimeter. Dia mampu mengangkat beban berkali-kali lipat dari beban tubuhnya sendiri. Bisa dikatakan semutlah paling cerdas sebab otaknya paling besar terdiri dari 250 ribu sel otak. Tak ada salahnya mengategorikan hewan yang satu ini sebagai serangga cerdas.

3.     Semut Tak Bisa Tersesat

Semut adalah binatang anti malas, mereka bekerja keras memenuhi kebutuhannya. Demi mencapai itu, terkadang perjalanan jauh ditempuh demi dapatkan makanan. Dalam setiap misi serangga yang satu ini selalu meninggalkan feromon, senyawa kimia yang bisa meninggalkan aroma khas. fakta bahwa semut punya ingatan kuat.  bahwa koloni semut merah dari Gurun Sahara akan tahu lokasi sumber makanan, pohon misalnya, walaupun sudah bertahun-tahun. Perilaku itu diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya.

4.     Mahir Bercocok Tanam

Seperti manusia, semut juga bisa bercocok tanam lho alias menumbuhkan sumber makanannya sendiri. Setiap koloni semut menanam puluhan benih tanaman squamellaria secara bersamaan di lokasi yang berdekatan.  Pada tahap selanjutnya tanaman itu akan terhubung  membentang di atas sarang sebagai sumber makanan.

5.     Kebanyakan Semut Adalah Betina

Semut memiliki sistem kasta. Ada pembagian tanggung jawab di antara mereka. Ratu adalah pendiri koloni, dan perannya adalah bertelur. Semut pekerja semuanya perempuan, dan mereka ini bertanggung jawab atas pekerjaan koloni yang harmonis. Tugas mereka berkisar dari merawat ratu dan yang muda, mencari makan, mengawasi konflik di koloni, dan membuang kotoran. Semut pekerja kemungkinan besar tidak akan pernah memiliki keturunan sendiri. Sebagian besar telur berkembang sebagai pekerja, tetapi begitu koloni siap, sang ratu menghasilkan generasi reproduktif berikutnya yang akan melanjutkan hidupnya untuk memulai koloni sendiri. Nasib seekor semut betina akan menjadi pekerja atau menjadi ratu pada dasarnya ditentukan berdasarkan diet, bukan genetika. Larva semut betina mana pun bisa menjadi ratu, yakni mereka yang menerima diet kaya protein. Larva lainnya menerima lebih sedikit protein, yang menyebabkan mereka berkembang sebagai pekerja.

Nah, itulah beberapa fakta dari semut, jadi bagaimana sangat menarik kan semut itu. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar