Logo Eventkampus

Wow!! Inilah Sosok Menteri Nyentrik!!!!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Wow!! Inilah Sosok Menteri Nyentrik!!!!

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang ada di Dunia. Indonesia mempunyai sekitar 17.504 pulau, yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang mempunyai pulau terbanyak di Dunia. Indonesia juga mempunyai wilayah laut yanng sangat luas. Laut Indonesia merupakan laut terluas kedua di dunia (setelah Kanada) yang memiliki luas laut 7.900.000 km2, empat kali dari luas daratannya. Wilayah ini meliputi laut Teritorial, Laut Nusantara, dan Zone Ekonomi Ekslusif. Negara ini juga mempunyai nama lain selain Indonesia yaitu “Nusantara” yang sudah lama menjadi julukan Indonesia. Negara ini juga dikenal sebagai zamrud khatulistiwa karena letaknya yang berada di garis khatulistiwa, yang membuat negara ini beriklim tropis. Indonesia juga dikenal dengan berbagai wisata alamnya yang indah, salah satunya adalah wisata laut.

                      Untuk mewujudkan itu semua kita sangat di butuhkan Generasi Miliennial yaitu di antara disini saya akan memaparkan sosok beliau yang super sekali yang sangat menginspirasi siapapun, bahkan tokoh negara sekalipunn yaitu Presiden Jokowi. Beliau memaparkan bahwa ibu susi adalah menteri terbaik.

Ibu Susi begitu ia akrab dipanggil, seorang wanita tangguh yang membuat perubahan di dunia kemaritiman Indonesia. Ibu Susi bukanlah  seorang yang memiliki latar pendidikan tinggi. Beliau hanya sekolah sampai sekolah menengah atas, dan itupun tidak sampai lulus. Sehingga beliau hanya memiilki ijazah smp.

Mari kita mengulas tentang ibu Susi yang memiliki banyak pengalaman. ia Telahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangadaran dengan nama lengkap Susi Pudjiastuti. Ia memiliki Ayah bernama Haji Ahmad Karlan serta ibu yang bernama Hajjah Suwuh Lasminah yang berasal dari Jawa Tengah. Keluarga dari Susi Pudjiastuti merupakan adalah saudagar sapi dan kerbau, buyutnya Haji Ireng dikenal sebagai tuan tanah.beliau anak dari Haji Suwuh dan Hajja Suwuh Lasminah berasal dari Jawa Tengah

       Memutuskan Sekolah dan Berwirausaha

Hal yang paling menarik Semasa sekolahnya ia hanya memliki ijazah SMP, setelah itu ia melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya yaitu SMA selang 2 tahun berlalu ia menginjak kelas II SMA tapi ia malah berhenti sekolah lantaran sakit yang dideritanya dan juga dia memutuskan untuk berbisnis,tapi ia tidak putus harapan dia terus terus menggali potensi diri, mengembangakan nya dengan  berbisnis,dan ia sangat yakin apa yang dilakukannnya akan berbuah hasil. Seputus sekolah ia menjual perhiasannya dan mengumpulkan uang sebesar Rp.750.000 lalu ia jadikan modal mengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983  Bisnisnya berkembang hingga pada tahun 1996 lalu akhirnnya Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek "Susi Brand."Bisnis pengolahan ikan ini pun meluas dengan pasar hingga ke Asia dan Amerika.

 

        Mendirikan Maskapai SUSi Air

Tidak cukup sampai di situ Pada tahun 2004, Susi memutuskan membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar menggunakan pinjaman bank dan itu merupakan tindakan yang sangat berani, Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan kemudian, satu-satunya pesawat yang ia miliki itu ia gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

        Kehidupan Pribadi

 Kehidupan pribadinya, Susi Pudjiastuti sempat dua kali bercerai dan kemudian menikah dengan Christian von Strombeck. Dari pernikahan-pernikahannya, ia memiliki tiga orang anak, Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser (dari pernikahannya dengan Daniel Kaiser), dan Alvy Xavier. Dan pada saat itu Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014. Betaapa bahagianya dia, yang hanya berbekal tekad dan kemuan yang kuat sekarang Susi menjadi mentei kelautan dan perikanaan, padahal dulunya dia adalah seorang pengepul ikan siapa sangka toh sekarang dia menterinya. Lalu susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan untuk menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai menteri dan sebagai pemimpin bisnis

Aksi Susi Sebagai Menteri

Susi menerapkan kebijakan yang sangat bagus, dintaranya yaitu mengembangkan UMKM serta melestarikan sistem kelautan sehingga terelasi dan terjaga dengan baik,  mendengar itu sosok  orang yang paling penting di negara kita inipun Presiden Joko Widodo menganggap Susi Pudjiastuti sebagai menteri berkinerja paling baik dalam kabinetnya. Namanya kerap disebut sebagai role model bagi menteri-menteri lain dalam Kabinet Kerja. Sebagai menteri ia punya banyak gebrakan yang bersifat populis. Sebagai menteri ia tak mengubah kebiasaannya sebagai 'pengusaha jalanan'. Antara lain, ia tertangkap kamera sedang mengendarai motor besar ketika melakukan kunjungan kerja ke pesisir pantai Jawa Barat.Susi juga bisa membuat bangsa asing segan terhadap kedaulatan maritim di Indonesia. Dalam sebuah foto dipertunjukkan Susi sedang memperhatikan Dubes Amerika Serikat Robert Blake menandatangani dokumen tentang isu kelautan di Indonesia, seperti penangkapan ikan ilegal dan konservasi sumberdaya kelautan.Salah satu aksi yang paling dikenang dari Susi adalah keberaniannya untuk menenggelamkan kapal-kapal asing yang melakukan pencurian ikan secara ilegal di laut Indonesia. Meski dinilai kontriversial, Susi teguh menjalankan aksinya ini karena dianggapnya sebagai bentuk tindakan tegas terhadap kedaulatan bangsa.

 

Penulis

foto Citra bunga
Citra bunga
UIN Malang Maliki Malang
Citra bunga fredia Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Artikel Terkait

Yuk, jadi Socrates muda di era modern!
14 September 2017
ZAMAN NOW! BERPRESTASI DENGAN "ANUGERAH", TAMPAN BAK ARTIS!!
31 Oktober 2017
Benjamin live berhasil mengadakan CUT THE CRAP di Rolling Stone Headquarter, Kemang, Jakarta Selatan
15 November 2017
GAYA HIDUP MAHASISWA INDEKOST
26 Februari 2018
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Chem1st 2018
12 Juli 2018
Fakta Tentang Nadim Makarim
23 Januari 2020

Komentar