Logo Eventkampus

ZAMAN NOW! BERPRESTASI DENGAN "ANUGERAH", TAMPAN BAK ARTIS!!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
ZAMAN NOW! BERPRESTASI DENGAN

 

Menyandang disabilitas bukanlah hal buruk bagi Panji Surya Sahetapy, putra dari pasangan selebritis Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Pria yang Desember tahun ini akan berusia 24 tahun tersebut adalah salah satu sosok yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Meskipun menderita tunarungu, namun Surya mampu mengubah keterbatasannya menjadi anugerah dari Tuhan dan membuktikan bahwa dia bisa menjadi orang yang hebat dan tidak mudah menyerah.

Surya dimasa kecil juga merasakan kesedihan atas kesulitan komunikasi dan perlakuan yang kurang bersahabat bagi para penyandang difabel, terutama saat dia bersekolah di sekolah umum pada jenjang SMP. Dia berpikir dia tidak akan berkembang jika tetap seperti itu. Sejak itulah dia bertekad mengubah dirinya agar lebih maju dengan keberanian dan kecerdasaan yang dimilikinya. Rasa cinta terhadap diri sendiri adalah langkah awal baginya untuk dapat maju dan berani hingga seperti sekarang. Hasilnya, Surya yang saat ini adalah pemuda Indonesia dengan segudang prestasi dan membanggakan hingga ke mancanegara. Berikut banyak kelebihan yang dimiliki Surya Sahetapy dari kelemahan yang dia punya.

1. Mencintai Bahasa Isyarat

Sejak tahun 2014, Surya giat memperjuangkan bahasa isyarat agar tersebar luas dan berkembang. Selain tu, dia juga berusaha agar BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) menjadi bahasa bagi penderita tuli. Bahkan, dia mempromosikan supaya bahasa isyarat diterima di dunia.

2. Menjadi Aktivis Tuli

Mulai tahun 2013 dia sudah aktif dalam organisasi tuli. Bahkan Surya Pernah menjadi delegasi tuli dari Indonesia dan berkunjung ke markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa di AS serta menjadi perwakilan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Indonesia dalam Global IT for Youth with Disabilities di Bangkok, Thailand pada 2013 dan bertemu dengan Ratu Elizabeth II serta Prince Philip, Duke of Edinburgh. Selain itu, dia juga juga fokus memperjuangan hak tuli dalam GERKATIN (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuli Indonesia)

3. Darah Seni Melekat di Dirinya

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. “Sebuah Lagu Untuk Tuhan”, “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara”, dan “Pengabdi Setan” adalah beberapa film yang pernah dibintangi oleh Surya Sahetapy.

4. Mimpi Menjadi Staf Jokowi

"Saya kepingin ke depannya jadi Staf Presiden. Bantu Presiden bisa membuat Indonesia ramah disabilitas. Jadi membuat negeri lain iri Pak," kata Surya saat bertemu dengan  Presiden Jokowi Minggu (1/10/2017) saat Hari Kopi Internasional, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

5. Ganteng Bak Artis

Inilah generasi emas millenial. Wajah ganteng adalah bonus daripada prestasinya. Dengan parasnya yang menawan pantas kalo dia jadi artis!! Mirip salah satu artis Thailand lho!! Ya nggak?!

Penulis

foto Evi Rhoudhotul Z
Evi Rhoudhotul Z
UIN Malang
Mahasiswi

Artikel Terkait

Yuk, jadi Socrates muda di era modern!
14 September 2017
JAKARTA PEACE CONCERT
04 November 2017
Benjamin live berhasil mengadakan CUT THE CRAP di Rolling Stone Headquarter, Kemang, Jakarta Selatan
15 November 2017
Wow!! Inilah Sosok Menteri Nyentrik!!!!
17 Desember 2017
GAYA HIDUP MAHASISWA INDEKOST
26 Februari 2018
MENGEMBALIKAN GAIRAH PENDIDIKAN INTELEKTUAL MINORITAS
29 Juli 2018

Komentar