Logo Eventkampus

Budidaya Ayam Bangkok

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Budidaya Ayam Bangkok

Cara Beternak Ayam Bangkok Dengan Mudah Dan Cepat

Ternak Berkualitas – Hai paca pecinta ayam aduan  di mana pun anda berada. kali ini saya membahas tentang Cara Beternak Ayam Bangkok Dengan Mudah Dan Cepat. Bagi kalian para pecinta ayam aduan pasti tidak asing lagi dengan ayam yang satu ini, ayam yang berasal dari negara Thailand ini yang di sebut dengan nama ayam “Bangkok” ini sudah sangat populer  di kalangan pecinta ayam aduan, sebab ayam ini sudah di akui sebagai ayam petarung yang bekualitas dan sangat tangkas.

Menurut dari sejarahnya, ayam ini memang bersal dari negara Thailand ayam aduan ini pertama kali di temukan oleh penduduk asli negara thailand, ayam jago ini di beri nama King’s Chicken. Sebab ayam ini memiliki pukulan yang sangat mematikan bagi lawan-lawannya dan juga kecepatan saat bertarung, ayam yang satu ini  juga sangat pintar untuk melumpuhkan lawannya saat bertarung. Ayam ini juga si sebarluaskan di dataran cina. Untuk di dataran cina sendiri ayam ini di sebut dengan Leung hang zhao. Dan di cina sangat populer kegiatan adu ayam jago atau di sebut juga dengan sabung ayam. Dan para penduduk juga mencari ayam yang berkualitas unggul untuk di kawin silang dengan jenis ayam bangkok.

Dan untuk di indonesia sendiri penyebaran ayam bangkok ini berasal dari Tuban jawa timur. Dan penyebarannya sangat cepat di kalangan masyarakat indonesia. Dan tidak sedikit para pecinta ayam yang mengembangbiakkan ayam ini dengan cara di kawin silang dengan ayam lokal. meskipun hasilnya tidak murni ayam bangkok, tapi untuk ciri fisiknya masih mirip seperti dengan ayam bangkok asli.

Cara Beternak Ayam Bangkok 

Tidak semua ayam bangkok itu sama. Ayam bangkok ini juga memiliki berbagai jenis atau golongannya. Dan untuk membedakannya adalah sebagai berikut :

  • JRAGEN : memiliki bulu yang berwarna dasar hitam
  • KLAWU  : memiliki jenis bulu yang berwarna dasar abu-abu
  • PUTIH  : memiliki jenis bulu yang berwarna dasar putih
  • WIRING : memiliki jenis bulu yang berwarna dasar hitam lengkap dengan ekor yang berwarna kuning kemerahan dan bulu rawis
  • JALI : memiliki jenis bulu yang berwarna dasa buli blirik. yaitu campuran dari bebbagai warna seperti merah,hitam,putih
  • WANGKAS : memiliki jenis bulyu yang berwarna dasar rawis atau kuning kemerahan
  • BLOROK : memiliki jenis bulu  dengan totol-totol dari berbagai campuran warna seperti merah,hitam,dan putih.

Dan banyak orang yang tidak megerti tentang keutungan dalam pemeliharaan ayam jenis ini. Sebenarnya usaha mengembangbiakan ayam bangkok ini juga tidak boleh di remehkan karena, karena jika anda mengembang biakan dan merewat ayam bangkok ini sangat mengutungkan dan bisa meraup keutungan yang sangat besar. oleh karena itu anda harus benar-benar berusaha dan melakukan yang terbaik dalam perngembangbiakan ayam bangkok tersebut, Dan oleh karna itu saya akan memberiakan cara beternak ayam bangkok, berikut adalah langkah-nya :

  1. Pemilihan untuk indukan

Untuk pemilihan indukannya sendiri harus benar benar teliti. supaya mendapatkan hasil yang bagus.
untuk indukan jantan yang berkualitas harus lah memiliki ciri-ciri sebagai bertikut:

  • Kepala seperti buah pinang
  • Tulang kepala tebal dengan alis menjorok keluar
  • Tulang leher rapat
  • Kepak sayam rapat ke badan
  •  Paruh melengkung seperti elang dan agak panjang
  • kaki dan sisik kering
  • Tulang ekor (tulang sapit udang) rapat dan  keras
  • Mempunyai kokok yang besar
  • Bulu mengkilat
  • Memiliki badan yang bulat seperti batang pinang
  • Memiliki tulang yang kokoh & tegak seperti burung elang

Dan untuk indukan betina yang berkualitas harus lah memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
  • Mata menjorok ke dlm & bersih
  • Badan kalau dipegang seperti botol atau seperti batang pinang
  • Kaki kering dengan jari kaki halus & panjang
  • Tulang sapit udang lebar (tulang dibawah pangkal ekor) 3-4 jari
  • Tidak pernah sakit dari anakan
  • Jika ada tajinya lebih bagus
  • Bulu mengkilat.

 2. Pemilihan kandang

Hal yang paling penting dalam beternak yaitu kandanganya, sebab kandang sangat berperngaruh besar bagi  kesehatan ayam tersebut sebab jika kandang tidak terawat dan jarang di bersihkan akan menghasilkan banyak bakteri  yang akan membuat ayam terserang penyakit dan tidak tumbuh sehat dan bisa juga  mengakibatkan kematian, oleh sebab itu kandang harus rajin di bersihkan. dan pemilihan kandang yang bagus sebagai berikut :

  • Usahakan agar kontur tanah datar dan juga memiliki beberapa pohon pelindung yang dapat mengatur sirkulasi udara dan masuknya intensitas sinar matahati ke dalam kandang ayam bangkok anda.
  • Memiliki sebuah saluran air yang lancar tanpa sumbatan apapun sehingga saat hujan air pastinya tidak menggenangi lingkungan sekitar kandang dan menjadi sarang nyamuk
  • Utamakanlah lokasi yang banyak ditumbuh oleh rumput. Karena pada dasarnya ayam menyukai rumput sebagai makanan pengganti serat mereka
  • Arah kandang  setidaknya harus menghadap sinar matahari pagi dan juga sejalur dengan arah angin agar terhindar dari berbagai penularan penyakit dari luar kandang
  • Sebaiknya lokasi harus dipagari secara permanen memakai semen dan juga batu bata. Jika anggaran anda tidak ada atau tidak mencukupi, pagar  biasa juga bisa di gunakan dari kawat dan bambu. Cara Beternak Ayam Bangkok 

 3. Pemilihan pakan dan perawatan bibit ayam bangkok

Sebelum ayam bangkok betina anda bertelur sebaiknya anda sudah menyiapan kandang yang lain untuk menuruh telur tersbut, Dan sebaiknya anda membuatnya minimal sekitar 30cm dari dari tanah. Sebab kandang yang agak tinggi sangat bagus untuk proses pemengeraman yang telur yang dilakukan indukan. kandang yang tinggi bembuat indukan tidak nyaman  dan tidak terganggu oleh ayam lain. Semakin nyaman iduk ayam mengerami terlurnya semakin bagus sebab telur yang di erami akan berhasil menetas semuanya.
Setelah anak ayam di erami oleh iduknya sekitar 21 hari anak ayam akan menetas, bagi anak ayam yang barumur 1 hingga 2 hari, anak ayam bangkok hanya perlu di beri minum saja sebab anak ayam tersebut akan memakan sisa kuning telur yang menempel di bulu-bulu mereka.

– pakan anak ayam bangkok yang masih berusia 1 bulan harus di berikan pakan Voer 511
-untuk ayam  yang masih berusi 1 sampai 2 bulan akan di beri pakan Voer 591.
– untuk ayam yang berusia 2 sampai 4 bulan akan di beri pakan 592. sangat cocok untuk ayam yang baru tumbuh.
-ayam usia 4 sampai 6 bulan akan di beri pakan Voer 593
-selanjutnya setelah ayam bangkok berusia dewasa sekitar 6 sampai 8 bulan maka akan di berikan Voer 594. pakan ini sangat cocok untuk ayam
sebab kandungan lemak nya rendah dan bagus untuk membentuk otot ayam bangkok anda.

 4. Memberikan suplemen tambahan

Untuk anak ayam bangkok yang berusia 1 sampai 4 bulan selain di beri pakan  Voer anak ayam juga membutuhkan suplemen tambahan yaitu seperti  bubuk susu bayi. karena bubuk susu bayi sangat bagus untuk pembentukan bulu dan bagian tubuh anak ayam lainnya.  susu bayi tersebut tidak mesti yang baru jika cara ini membuat anda banyak mengeluarkan modal, maka anda masih bisa menggunakan  susu bayi yang sudah kadaluarsa untuk pemberiannya yaitu dengan cara mencampurkan bubuk susu dengan pur dengan perbandian  1 : 5.

 5. pencabutan bulu bagi anak ayam bangkok

Bulu yang sangat lebat juga tidak bagus untuk anak ayam sebab bulu yang lebah akan menghabiskan asupan gizi dari makanan ayam bangkok. jadi sebaiknya anda mencarbut sebagian bulu tersebut saat ayam berusia 3 minggu harus memotong bulu pada bagian ekor atau sayap anak ayam dan anak ayam yang berusi 2 bulan cabutlah bulu-bulu yang rontok di tubuhnya . pencabutan bulu ini bermanfaat bagi pertumbuhan ayam yang sedang berkembang.

6. perawatan intensif untuk anakan bangkok.

perawatan ayam bangkok di mulai dari awal hingga ayam berusia 6 bulan atau sampai tumbuh bulu rawis dan lehernya barunya yang telah tumbuh. sebaiknya harus di kurung di dalam kandang saja. pengurungan ini bermanfaat untuk menghindari hilangnya energi pada ayam karena terlalu banyak bermain. dan sebaiknya jika anda ingin membiarkan ayam anda bermain, yaitu di beri waktu sekitar 30 menit untuk badannya bergerak.

Nah itu dia yang bisa kami ulas mengenai Cara Beternak Ayam Bangkok Dengan mudah dan cepat. Semoga dengan arikel yang kami buat ini bisa bermafaat bagi anda. dan menambah pengalaman dan ilmu dalam mengembang biakkan ayam bangkok.

Penulis

foto Fajar
Fajar
Perkenalkan Nama: Fajar Agus Prasetyo Alamat: Dukuh Rt03/02 Jati Jaten Karanganyar Asal sekolah: SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar