Logo Eventkampus

Hal Yang Sunah Dilakukan Dihari Jumat

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Hal Yang Sunah Dilakukan Dihari Jumat

Hari Jumat merupakan hari istewa  bagi umat islam,Ini lantaran hari Jumat memiliki sejumlah keistimewaan.

Hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan hari Jumat. "Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Berikut merupakan hal yang sunah dilakukan pada hari Jumat

1. Membersihkan Diri

sesuai sunnah Rasul, kita harus membersihkan diri dengan mandi sunnah untuk niat menghadiri salat Jumat (bagi yang laki-laki). Selain itu memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut menjadi amalan baik sebelum melaksanakan salat Jumat.

2. Membaca Surat Al Kahfi

Membaca surat ini bisa dilakukan pada malam atau siang hari pada Hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian.Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

3. Perbanyak Selawat dan Zikir

Membaca selawat dan zikir berguna untuk bekal di akhirat. Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku" (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

4. Bersedekah

Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah.

5. Sholat Jumat

Salat Jumat wajib hukumnya bagi kaum laki-laki. Apabila telah meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali maka tergolong orang yang fasik. Disunahkan menyegerakan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat.

6. Berdoa

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta" Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Itulah benerapa hal yang disunahkan dilakukan di hari Jumat. Selamat Menunaikan


Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

HATI HATI DENGAN DUDUK TERLALU LAMA
25 Juli 2018
Ini dia Beberapa Manfaat Cocor Bebek
02 Maret 2020
Kumis Kucing? Inilah Beberapa Manfaat dari Kumis Kucing
03 Maret 2020
Buah Sukun? Inilah Manfaatnya
10 Maret 2020
Tidak Hanya Rasanya yang Enek Ternyata Rebung Juga Banyak Manfaatnya
13 Maret 2020
Kakao? Berikut Manfaat kakao
13 Maret 2020

Komentar