Logo Eventkampus

Begini Cara Membedakan Madu asli dan Madu Palsu

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Begini Cara Membedakan Madu asli dan Madu Palsu

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan madu, ya madu merupakan caira manis yang berasal dari nektar bunga yang masih mentar.

Bukan hanya rasanya yang manis madu juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti mencegah diabetes, menyehatkat jantung, menurukan kolestrol, dan lain-lain.

Tapi masih banyak orang yang belum tau cara membedakan madu  asli dan madu paslu. Berikut cara membedakan madu asli dan madu palsu.

1. Masukkan Madu Ke Dalam Air

Bagi anda yang masih kesulitan membedakan madu murni dan madu palsu, anda bisa mengujinya dengan memasukkan satu sendok madu ke dalam gelas yang berisi air. Lihat reaksinya, jika madu palsu maka mudah larut dalam air karena dasarnya memang sudah tercampur air. Namun, jika madu sulit tercampur dalam air, maka madu tersebut adalah murni atau belum ada campuran sama sekali 

2. Membakar Madu

Salah satu cara membedakan madu murni yaitu dengan cara membakar madu. Lumuri korek kayu dengan madu, kemudian gesekkan atau nyalakan seperti biasanya. Jika madu madu murni, maka korek tersebut akan nyala meski dilumuri madu. Namun, jika tidak bisa nyala berarti madu tersebut sudah dicampur air atau palsu.

3. Melihat Warna Madu

Madu murni memliki warna yang keruh karena sisa serbuk sari saat memeras madu. Sedangkan madu palsu biasanya terlihat sedikit bening.

4. Membekukan madu

 memasukkan madu  ke dalam freezer atau lemari pembeku. Jika Madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut adalah madu asli. Tapi kalau sebaliknya maka madu itu palsu.

5. Menguji madu dengan kertas

Tuangkan madu pada kertas kosong. Kemudian cobalah untuk merobek kertas yang sudah dituangkan madu tersebut, Jika kertas tidak mudah robek, maka madu itu b murni atau asli. Sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu tersebut palsu.

Nah... Itulah beberapa cara untuk bedakan mana madu asli dan masu palsu. Mungkin kalian bisa mencobanya sendiri dirumah.

Selamat Mencoba 😇

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

10 Tips Cantik Alami Ini Layak Kamu Coba, Demi Wajah yang Makin Memesona!
30 Desember 2019
Cara Membuat Bubur Sumsum
28 Januari 2020
Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas
19 Februari 2020
Inilah Manfaat Yang Terkandung Didalam Gula Jawa
25 Februari 2020
15 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat di Rumah
26 Februari 2020
Tips Mengatasi Mabuk Perjalan
09 Maret 2020

Komentar