Logo Eventkampus

Ternyata Inilah 6 Manfaat Pisang Hijau Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ternyata Inilah 6 Manfaat Pisang Hijau Bagi Kesehatan

Pisang hijau adalah pisang mentah yang belum mengubah banyak pati resisten menjadi gula sehingga lebih mudah dicerna. Hal ini biasanya membuat pisang tidak menarik untuk dikonsumsi karena pisang hijau cenderung lebih berlilin dan bertepung dan kurang manis. Pisang hijau kaya akan protopektin yang mengeluarkan gas metilen dan mengubah pati menjadi serat yang dapat dicerna selama proses pematangan. Buah ini memiliki nutrisi yang bagus dan sejumlah manfaat kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat pisang hijau.

1.     Sebagai Obat Sakit Diare

Pisang hijau punya kemampuan untuk mengatasi penyakit diare dan mencret. Penyakit ini akan lenyap jika dilawan dengan pisang hijau.

2.     Dapat Mengontrol Diabetes

Vitamin B6 ditemukan dalam kadar tinggi dalam pisang hijau, dan vitamin khusus ini dikenal untuk membantu mengatur kontrol gula darah. Serat yang ditemukan dalam pisang ini juga dapat membantu menekan pelepasan insulin ke dalam darah yang merupakan kabar baik bagi penderita diabetes.

3.     Dapat Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Pisang hijau dapat meningkatkan kesehatan usus besar secara menyeluruh berkat asam lemak rantai pendek yang ditemukan di dalamnya. Jenis asam lemak pada pisang ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium.

4.     Dapat Mengatur Tekanan Darah

Pisang hijau memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, yang merupakan mineral penting dalam tubuh. Potasium berfungsi sebagai vasodilator, yang berarti dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Penurunan tekanan darah ini dapat membantu mencegah kondisi yang tidak diinginkan seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

5.     Sebagai Obat Pencernaan

Kandungan resistan zat tepung pada pisang hijau membawa dampak yang sehat bagi sistem pencernaan. Kandungan ini memiliki serat yang membantu mencegah kembung dan konstipasi jika dimakan dalam jumlah yang cukup.

6.     Dapat Menurunkan Berat Badan

Pati resisten yang ditemukan dalam pisang hijau mungkin sulit dicerna tubuh tetapi diketahui mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh dan akan membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat, sehingga mengurangi makan berlebih dan ngemil yang tidak perlu.

Itulah beberapa manfaat pisang hijau untuk kesehatan tubuh. Berminat untuk mencoba? Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Cara Membuat Es Pisang Ijo
28 Januari 2020

Komentar