Logo Eventkampus

7 Fakta Dibalik Perasaan Geli Pada Seseorang

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Fakta Dibalik Perasaan Geli Pada Seseorang

Gelitikan bikin orang geli ya, apalagi di titik tertentu tubuh, seperti telapak kaki, pinggang, leher, dan lain-lain. Tapi terkadang efek geli antara orang satu dengan yang lain juga bisa direspons berbeda, ada yang tak tahan banget sama gelitikan, ada yang biasa aja. Nah, sebenarnya ada manfaatnya nggak sih?  Dan berikut 7 fakta tentang gelitikan yang wajib kamu tahu.

1.      Gelitikan Bisa Terasa Menyiksa

Kalau kamu benci digelitikin, gelitikan bisa bikin kamu tersiksa lho.

2.      Gelitikan Bikin Ketawa Sehat

Efek gelitikan memang bikin geli, selanjutnya bikin kamu tertawa terpingkal-pingkal bahkan bisa sampai nggak sadar ngompol, tertawa adalah obat terbaik untuk psikologis maupun fisikmu. Nggak heran orangtua menggelitiki anak bayi mereka supaya tertawa, menunjukkan gelitikan itu wujud cinta kasih selain cara menggoda.

3.      Gelitikan Sendiri Nggak Ngefek

Pasti kamu bertanya-tanya, digelitikin orang bisa nggak tahan, tapi pas dilakukan sama diri sendiri kok nggak terasa, ya? Hal ini terkait sistem alarm otak. Kalau digelitikn orang lain, tubuhmu nggak menyadarinya sehingga responsnya spontan ke otak kecil. Tapi kalau kamu sendiri yang menggelitiki diri, sistem otakmu sudah jaga-jaga duluan.

4.       Yang Terjadi Ketika Kamu Digelitikin

Saat kamu digelitikin, ujung saraf kulitmu mengirim pesan ke otak kecil, yakni daerah yang mengatur inisiasi gerakan.

5.      Gelitikan Sama Aja Kayak Menggoda

Seperti disinggung sebelumnya, gelitikan bisa jadi wujud menggoda. Provine menyatakan bahwa alasan paling umum  menggelitik adalah untuk menunjukkan kasih sayang.

6.      Pertanda Sistem Alarm Tubuh

Gelitikan bisa aja punya fungsi evolusi penting lainnya. Seperti gatal, gelitikan dapat melindungi kita dengan menarik perhatian diri terhadap rangsangan eksternal, seperti predator atau parasit. Gelitikan yang menimbulkan gatal tapi nggak bikin kamu ketawa ini adalah knismesis.

7.      Area Gelitikan Bisa Di Mana Saja

Sebenarnya area tubuh mana aja sih yang responsif terhadap gelitikan? Kamu pasti langsung menjawab area ketiak, pinggang, dan telapak kaki. Oke, itu nggak salah karena bisa aja ambang geli antara orang satu dengan yang lain berbeda.

Nah, itulah beberapa fakta tentang perasaan geli pada seseorang. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar