Logo Eventkampus

Akibat Keseringan Minum Kopi...

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Akibat Keseringan Minum Kopi...

Terlalu sering minum kopi bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang, yang kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut sulit ditinggalkan. Kebiasaan itu umumnya dilakukan para pekerja di dalam ruangan maupun di luar ruangan untuk meningkatkan stamina atau biasanya sering di minum agar badan tetap dalam posisi yang fit. 

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kopi setiap saat dan setiap hari. Karena, jika terlalu sering minum kopi juga dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda.Berikut ini beberapa efek yang ditimbulkan karena keseringan minum kopi: 

1. Menyebabkan Diabetes

Penelitian yang telah dilakukan oleh American Diabates Association membuktikan bahwa kafein mampu merusak metabolisme glukosa pada penderita diabetes tipe 2. Jadi, bagi Anda yang sudah terkena penyakit diabetes tipe 2 sebaiknya hindari mengonsumsi kafein jika tidak ingin memiliki kadar gula darah yang tinggi.

2. Asam Lambung Meningkat

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, khususnya bagi mereka yang punya masalah lambung atau penyakit maag.

3. Memicu Detak Jantung Menjadi Lebih Cepat

Menurut seorang pakar kesehatan dan nutrisi, dr. Jansen Ongko, MSc., RD., konsumsi kopi yang berlebihan bisa memicu detak jantung lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi pada orang-orang yang punya masalah kesehatan jantung.

4. Pencernaan Terganggu

Ternyata kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat mempengaruhi pencernaan. Terlalu sering minum kopi bisa menyebabkan sakit perut, apalagi kalau perut masih dalam keadaan kosong.

5. Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Charalambos Vlachopoulos, MD, mengungkapkan bahwa, kafein dapat meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Kolesterol Meningkat

Sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa mengonsumsi lima cangkir kopi setiap hari berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8 persen. Hal ini akibat adanya kandungan minyak terpene di dalam kopi.

7. Menyebabkan Osteoporosis

Bahaya sering konsumsi kopi lainnya adalah bisa menyebabkan munculnya osteoporosis. Hal ini dikarenakan kopi mampu mengikis kalsium yang ada di dalam tubuh, terutama tulang yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Dengan terjadinya pengikisan kalsium tersebut, kopi juga bisa mengakibatkan tulang menjadi lemah. Jika Anda menderita osteoporosis, sebaiknya konsumsi kopi maksimal 300 mg dalam setiap harinya. Namun, Anda juga harus mengonsumsi kalsium untuk bisa menyeimbangkannya.

Itulah beberapa efek bagi tubuh yang bisa ditimbulkan karena keseringan minum kopi, jadi mulai sekarang kurangilah minum kopi jaga kesehatan anda. 

Oke semoga informasi itu tadi bisa bermanfaat bagi anda, terimakasih 🙏


Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

OBAT HERBAL TIPES
29 Maret 2018
Manfaat mengejutkan dari makan pisang mentah
17 Juli 2018
Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
09 Januari 2020
Manfaat Daun Mint
23 Januari 2020
Khasiat tumbuhan putri malu
29 Januari 2020
manfaat daun Bidara
26 Februari 2020

Komentar