Logo Eventkampus

Manfaat Jogging

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat Jogging

Joging adalah salah satu bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua golongan usia. Latihan ini bermanfaat baik bagi kesehatan otak dengan melepaskan endorfin yang dapat membantu menenangkan stres. Tak hanya itu, joging ternyata bisa meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebuah data mengungkapkan bahwa joging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima sampai enam tahun pada pria dan wanita, bisa dikatakan panjang umur.

Jika Anda ingin tetap bugar secara fisik agar pikiran dan tubuh Anda tetap segar dan juga mengurangi kalori. Anda bisa mencoba joging di sekitar rumah Anda. Tapi Anda harus tahu tentang manfaat joging untuk kesehatan, seperti dilansir dari Bold Sky berikut ini.

1.   Bermanfaat untuk kesehatan jantung
Joging bisa menjadi latihan kardio yang sangat baik. Ini memperkuat otot-otot jantung dan bekerja lebih efisien. Selain itu, joging bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, kadar glukosa darah dan kolesterol.

2. Meningkatkan kesehatan mental
Saat Anda joging, tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang bertanggung jawab untuk menentukan apa yang Anda rasakan. Hormon yang enak ini membuat Anda merasa baik secara alami, dengan demikian akan mengurangi stres dan ketegangan Anda. 

3. Bermanfaat untuk tulang
Saat Anda joging, tulang mengalami sejumlah tekanan dan jaringan tulang disiapkan untuk beban tambahan setiap hari. Joging juga memperkuat tulang dan membantu mencegah cedera yang berhubungan dengan tulang, dengan membuatnya lebih kuat.

4. Mengembangkan otot
Joging adalah aktivitas fisik yang intens yang melibatkan otot-otot besar tubuh. Ini menargetkan otot paha belakang, otot gluteus, otot betis, dan lain-lain. Jogging juga membantu mengencangkan otot

5. Menurunkan berat badan
Joging membantu membakar kalori ekstra, jika dilakukan bersamaan dengan diet yang tepat akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Ini adalah latihan aerobik yang membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan membuatnya lebih cepat dan mudah membakar lemak.

6. Manfaat sistem pernapasan
Joging diketahui membuat sistem pernapasan bekerja secara efisien. Ini meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menyerap lebih banyak oksigen dan membantu meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan. Jika Anda menderita masalah pernapasan, joging adalah pilihan yang baik.

7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh Anda kuat, tubuh Anda akan memiliki kekuatan untuk melawan segala jenis infeksi. Joging meningkatkan kekuatan fisik yang meningkat, meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan tingkat stres, depresi dan kelelahan.

8. Osteoporosis
Joging membantu menjaga dan membangun ketebalan tulang Anda. Ini juga bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan tulang di tulang belakang dan pinggul. Orang yang menderita osteoporosis bisa melakukan jalan cepat, jika melakukan joging dikhawatirkan bisa melukai tulang.

9. Membantu proses pemikiran
Jika Anda berada dalam situasi yang sulit atau rumit dan tidak memikirkan apa yang harus dilakukan, maka Anda pasti perlu memulai joging untuk mengatur pikiran Anda. Sementara joging Anda akan tahu apa yang penting bagi Anda dan Anda akan menemukan solusinya.

10. Antipenuaan
Joging akan membiarkan Anda berada dalam keadaan yang lebih baik, secara mental maupun fisik. Tingkat energi dan positif yang lebih tinggi akan membantu Anda menghambat penuaan atau awet muda. Apalagi, joging akan meningkatkan kadar darah dan oksigen ke pembuluh darah kulit, membuat Anda terlihat segar dan bercahaya.

Penulis

foto Deny putra ardyansyah
Deny putra ardyansyah
NAMA DENY PUTRA ARDYANSYAH

Komentar