Logo Eventkampus

Cara mengobati Sakit Gigi dengan obat alami

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara mengobati Sakit Gigi dengan obat alami

1. Kumur air garam

Cara membuatnya cukup dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur.Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. 

Sebelum berkumur, Anda bisa flossing lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

2. Kompres es

Masukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis.

Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Pada area ini terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan “dingin” sehingga akan mengalahkan rasa sakit dari gigi Anda.

3. Kunyah bawang mentah

Bawang merah dan bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang.

Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri.

Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

4. Daun jambu

Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah.

Caranya dengan melipat atau menggulung satu-dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak airnya keluar. Dengan lidah Anda “tangkap” sari tersebut dan oleskan pada area gigi yang sakit.

Jika cara ini sulit buat Anda, coba rebus empat sampai lima lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Kemudian dinginkan sebentar. Gunakan larutan daun jambu ini sebagai obat kumur.

Penulis

foto Fajar
Fajar
Perkenalkan Nama: Fajar Agus Prasetyo Alamat: Dukuh Rt03/02 Jati Jaten Karanganyar Asal sekolah: SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar