Logo Eventkampus

Mengapa Orang Inggris Gemar Minum Teh?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Mengapa Orang Inggris Gemar Minum Teh?

Teh adalah minuman yang cukup legendaris dan paling banyak dikonsumsi oleh orang dari seluruh penjuru dunia. Salah satu negara yang memang identik dengan teh adalah Inggris, yang masyarakatnya memiliki tradisi meminum teh, dan bahkan kini sudah bergeser menjadi kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Jika dirata-rata, setiap pria, perempuan dan anak-anak di Inggris Raya mengonsumsi lebih dari 900 cangkir setiap tahun, walaupun tak diragukan lagi ada orang-orang yang konsumsinya lebih banyak dibandingkan yang lain.

Awal Teh Di Inggris

Awalnya teh di Inggris adalah minuman kelas atas yang hanya bisa dinikmati kaum bangsawan dan saudagar. Mereka menikmati hangatnya teh dalam cangkir porselin, yang berasal dari Tiongkok. Lambat laut, budaya minum teh merembes ke masyarakat umum, khususnya kelas pekerja di masa revolusi Industri Inggris pada abad 19, dan popularitas tak surut hingga sekarang.

Kenapa di Inggris sana budaya minum teh lebih tinggi daripada minum kopi?

1.    Inggris tidak punya perkebunan teh dan kopi

Dengan cuaca yang berubah-ubah dan terkadang sangat dingin, dataran Inggris tidak cocok untuk ditanami teh seperti Indonesia. Sejarah mencatat, kopi masuk ke Inggris melalui India di zaman kolonial pada ke-16, kemudian teh sendiri masuk ke Inggris dari Tiongkok pada abad ke-17. Jadi, bisa dibilang kalau kopi sempat menjadi daya tarik tersendiri warga Inggris sebelum akhirnya impor teh meningkat pesat.

2.    Teh sebagai muniman bangsawan

Beberapa sejarawan mencatat bahwa Inggris  dikenal sebagai negara dengan perbedaan kelas yang sangat tinggi. Jadi, masyarakat Inggris akan berusaha meniru apa saja yang akan dilakukan oleh rajanya. Teh pertama kali muncul di Inggris ketika Raja Charles II bersama sang istri Catherine of Braganza menjadikan teh sebagai minuman wajib saat pertemuan kerajaan. Dari situ, teh dikenal sebagai minuman para bangsawan, dan semua orang mencoba meniru kebiasaan tersebut.

3.    Teh sebagai minuman kesehatan

teh dikenal sebagai minuman kesehatan. Diambil langsung dari Tiongkok, beberapa jenis teh yang masuk ke Inggris seperti Royal Blend, Countess Grey, dan teh Oolong dipercaya menyembuhkan penyakit dan dapat menghangatkan tubuh.

Waktu Orang Inggris Minum Teh

orang Inggris minum teh kapan saja, sepanjang hari, baik siang maupun malam. Namun, umumnya mereka minum di pagi hari saat sarapan, yang lazim disebut English Breakfast tea. Kemudian di sore hari saat bersantai, disebutnya Afternoon tea. Sementara, para pekerja menikmati teh saat break antar waktu yang sering disebut High tea.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

5 Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapatkan Kalau Kamu Bisa Berbahasa Inggris. Mau?
11 Juli 2017
Teh Daun Alpukat Bisa Sembuhkan Asma hingga Ginjal, Simak Cara Bikinnya!
06 Januari 2020

Komentar