Logo Eventkampus

5 Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapatkan Kalau Kamu Bisa Berbahasa Inggris. Mau?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapatkan Kalau Kamu Bisa Berbahasa Inggris. Mau?

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang populer dipelajari di Indonesia. Ia juga selalu hadir sebagai pelajaran di semua jenjang pendidikan. Kehadirannya di tengah-tengah proses belajar bukan tanpa alasan. Ada manfaat-manfaat besar yang akan diperoleh jika berhasil menguasainya. Nggak percaya? Simak yuk uraian berikut.

1. Sebagian besar informasi di dunia disajikan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan berbahasa Inggris, kamu bisa menjadi orang yang lebih teredukasi

Di tahun 2008, Lobachev mempublikasikan penelitiannya yang berjudul Top Languages in Global Information Production. Ia mengungkapkan bahwa Bahasa Inggris menempati posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan dalam menyajikan informasi di dunia yaitu sebesar 44,29%. Data ini diambil dari berbagai macam bentuk informasi: buku, koran, majalah, jurnal ilmiah, film, video, acara televisi, dan website. Informasi sebesar itu hanya bisa dinikmati kalau kamu bisa berbahasa Inggris. Pasti mau kan jadi orang yang berwawasan luas dan update informasi apa pun.

2. Universitas-universitas top dunia berada di negara berbahasa Inggris. Mau kuliah disana? Uji dulu kemampuan Bahasa Inggrismu

Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu berkesempatan untuk belajar di universitas-universitas terkemuka dunia. University of Oxford, California Institute of Technology, Stanford University, University of Cambridge, Massachusetts Institute of Technology, Havard University, Princeton University, Imperial College London, ETH Zurich-Swiss Federal Institute of Technology Zurich, dan University of California adalah barisan universitas yang menduduki peringkat sepuluh terbaik di dunia menurut timeshighereducation.com di tahun 2017. Sembilan diantaranya berada di negara berbahasa Inggris. Dan tentunya untuk belajar di sana tidak cukup dengan kemampuan Bahasa Inggris yang rata-rata. 

3. Meningkatkan kualifikasimu saat melamar pekerjaan

Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia biasanya memiliki koneksi dengan perusahaan di luar negeri. Jadi, dengan menguasai Bahasa Inggris pelamar pekerjaan biasanya akan lebih disukai dan berpeluang besar untuk diterima. Selain itu, kamu juga bisa memiliki karir internasional.

4. Berkeliling dunia dengan biaya yang lebih hemat

Penutur Bahasa Inggris tersebar di berbagai negara akibat kolonialisme Inggris dari akhir abad ke-16 sampai abad ke-20. Di negara-negara bekas jajahannya, Inggris banyak mempengaruhi berbagai aspek kehidupan diantaranya penggunaan bahasa. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa pergi berkeliling dunia tanpa bantuan juru bahasa dan itu bisa menghemat biaya perjalanan. Selain itu, kamu juga tidak mudah ditipu saat berbelanja souvenir, membeli tikel, atau melakukan transaksi apapun di negara tujuan.

5. Memperluas pergaulan

Dikutip dari statista.com, di tahun 2017 planet kita dihuni oleh 7,5 miliar manusia dan 1.5 miliar diantaranya adalah penutur Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, bahasa kedua, dan bahasa asing. 1,5 miliar manusia ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa memperluas pergaulan. Teman-temanmu bisa berasal dari negara mana saja. Dengan kecanggihan teknologi, perbedaan letak geografis bukan lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi. Atau malah kamu bisa dapat jodoh orang luar negeri. Seru kali ya punya pasangan dengan latar budaya dan bahasa yang berbeda hahaha.

Itulah tadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau kamu bisa berbahasa Inggris. Menjadi lebih teredukasi, berkesempatan di universitas top dunia, meningkatkan kualifikasi saat melamar pekerjaan, berkeliling dunia dengan biaya yang lebih hemat, dan memperluas pergaulan adalah sebagian manfaat dari memiliki kecakapan Bahasa Inggris. Tentunya ada lebih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kamu mau? Semangat yuk belajar Bahasa Inggrisnya.

Penulis

foto Isna Pertiwi
Isna Pertiwi
Universitas Islam Sultan Agung
introver, pemikir abstrak, pecinta buku dan teman-temannya

Artikel Terkait

Beda antar aku, kamu, dan kita
13 Juni 2017
TIPS & TRIK MENANG LOMBA ARTIKEL
14 Juni 2017
Yuk, jadi Socrates muda di era modern!
14 September 2017
GAYA HIDUP MAHASISWA INDEKOST
26 Februari 2018
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Chem1st 2018
12 Juli 2018
Mengapa Orang Inggris Gemar Minum Teh?
26 Februari 2020

Komentar