Logo Eventkampus

Air Terjun Purba Tirai Bidadari, Surga Baru yang Tersembunyi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Air Terjun Purba Tirai Bidadari, Surga Baru yang Tersembunyi

Kabupaten Probolinggo tak henti-hentinya melakukan pengembangan potensi daerah, salah satunya di bidang pariwisata. Kabupaten yang termasuk bagian dari kawasan Tapal Kuda Jawa Timur ini memiliki potensi wisata yang menarik. Wisata alam pegunungan dan lautnya sama-sama menarik untuk dikembangkan.

Salah satu potensi wisata baru di Kabupaten Probolinggo adalah Air Terjun Purba Tirai Bidadari. Pemerintah Kabupaten Probolinggo berencana mengembangkan potensi wisata air terjun ini secara serius.

Pasalnya, air terjun yang terletak di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo ini menyimpan fenomena alam yang menarik. Bentuk Air Terjun Purba Tirai Bidadari ini juga tergolong langka.

Air terjun ini terletak di dua desa, yaitu Desa Ranugedang dan Desa Jangkang. Dari Desa Ranugedang, akses menuju air terjun terbilang cukup sulit dan tersembunyi.

Hal ini berbeda dengan akses dari desa Jangkang. Air terjun purba ini berjarak tiga kilometer dari pusat Desa Jangkang. Jarak sejauh satu setengah kilometer atau separuh dari jalurnya harus ditempuh dengan berjalan kaki. 

Air terjun yang mengucur pada permukaan sungai di Desa Ranugedang terbentuk dari 16 titik mata air yang berada di puncak tebing. Derasnya aliran air yang menembus tebing membentuk gugusan stalaktit. Ukuran stalaktit ini bervariasi hingga menyerupai lorong panjang seperti goa. Ukuran dan panjang stalaktit yang hampir menyentuh permukaan sungai diperkirakan merupakan proses alamiah. Meskipun belum ada penelitian ilmiah, usia stalaktit ini diperkirakan ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Pada pagi dan sore hari ketika matahari sedang bersinar, kawasan air terjun ini menampakkan bias-bias pelangi. Fenomena tersebut menyebabkan air terjun ini memiliki sebutan Air Terjun Pelangi. 

Terkait dengan akses menuju air terjun ini, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Probolinggo Sugeng Wiyanto menyampaikan rencana pembangunan yang digagas Pemkab. 

Pelaksanaan pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2021. Rencananya, Pemkab Probolinggo akan membangun infrastruktur di dua sisi objek wisata air terjun, yakni di Desa Jangkang dan Ranugedang.

Penulis

foto Nur halim
Nur halim
Siswa SMK BINA PATRIA 1 SUKOHARJO. jurusan teknik komputer jaringan.

Artikel Terkait

Alasan Wisata Alam Sangat Penting untuk Kesehatan
29 Januari 2020
Tempat Favorit Yang Wajib Di Kunjungi Di Kabupaten Wonogiri
26 Februari 2020
Keindahan wisata alam dan wisata sejarah taman hutan raya K. G. P. A. A. Mangkunegara I
27 Februari 2020
Bingung mau liburan kemana? Belum punya tujuan? Yok coba kunjungi 10 pantai yang wajib di kunjungi di gunung kidul ini....
28 Februari 2020
Tempat Wisata di Malang yang Keren dan Populer yang Bisa Kamu Kunjungi !
11 Maret 2020

Komentar