Logo Eventkampus

Manfaat Mengonsumsi Teh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Mengonsumsi Teh

Teh adalah minuman yang cukup legendaris dan paling banyak dikonsumsi oleh orang dari seluruh penjuru dunia. Teh dapat menjadi teman mengobrol, teman makan, atau bahkan sekedar teman bersantai di pagi atau sore hari. Tanpa sadar, mungkin hampir setiap hari kita mengonsumsi teh dalam bentuk yang berbeda-beda. Teh tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang khas, tapi ternyata tersimpan juga berbagai manfaat teh untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi teh.

1.    Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Anti-inflamasi teh dapat membuat pembuluh darah rileks dan mengurangi tekanan pada jantung. Katekin yang terkandung didalam teh mengurangi peradangan dan dengan demikian menghambat pembentukan plak di arteri vital. Bahkan, sebuah studi menemukan pengurangan risiko terkena serangan jantung hampir 20 persen, dan pengurangan resiko terkena stroke hampir 35 persen pada mereka yang meminum teh hijau 1 hingga 3 cangkir per harinya.

2.    Mencegah Kanker

Antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam teh dikenal memiliki keterkaitan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah. Para peneliti di Universitas Rutgers mengidentifikasi senyawa dalam teh hitam yang dikenal sebagai theaflavin-3'-monogallate, atau TF-2, yang menyebabkan sel-sel kanker kolorektal untuk menghancurkan diri mereka sendiri tanpa merusak sel-sel normal. Selain itu, mereka menemukan bahwa TF-2 menekan Cox 2, gen yang sering dikaitkan dengan kanker usus besar.

3.    Meningkatkan Konsentrasi

Minumteh sebeluh beraktivitas dapat meningkatkan konsentrasi. Penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L-Theanine, asam amino alami yang ditemukan dalam teh mampu meningkatkan daya ingat, fokus dan konsentrasi.

4.    Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada orang dewasa. Lima gelas teh hitam dalam sehari mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 6,5 persen.

5.    Mencegah Gangguan Pencernaan

Sejak dulu, teh hitam atau teh herbal dikenal dapat menjadi pereda gangguan pencernaan secara alami. Saat merasa mual atau setelah muntah, Anda disarankan untuk meminum secangkir teh hangat dengan campuran jahe untuk menenangkan rasa mual tersebut. Pasalnya, teh dapat mengurangi rasa mual secara efektif. Hal yang sama juga berlaku pada gangguan pencernaan seperti diare. Secangkir teh hitam tanpa gula dapat mengurangi rasa mulas di perut Anda.

 

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Hangatkan Tubuh Dengan 5 Minuman Hangat Ala Indonesia Ini
16 Januari 2020
Manfaat Wedang Jahe Selain Menghangatkan Badan
25 Februari 2020

Komentar