Logo Eventkampus

Manfaat Wedang Jahe Selain Menghangatkan Badan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Wedang Jahe Selain Menghangatkan Badan

Jahe adalah bahan rempah-rempahan yang mudah didapatkan di indonesia, jahe menurut banyak penelitian termasuk bahan makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit. Saat musim dingin, jahe sangat cocok dijadikan minuman hangat. Selain karena rasanya yang enak dan khas, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat, berikut ini beberapa manfaat wedang jahe selain menghangatkan tubuh.

1.    Mencegah Penyakit Jantung

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam minuman jahe dapat membantu mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi minuman ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri ulu hati, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

2.    Mencegah Resiko Kanker

Menfaat wedang jahe mungkin efektif dalam membantu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker. Mekanisme yang bekerja adalah zat dalam jahe, termasuk antioksidan, yang telah terbukti membunuh dan mengurangi penyebaran zat penyebab kanker dalam tubuh. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan telah diamati untuk memperlambat penyebaran kanker tertentu, menunjukkan bahwa jahe dapat memainkan peran penting dalam pencegahan kanker.

3.    Melancarkan Sistem Pernafapasan

Saat sedang mengalami flu atau batuk, khasiat wedang jahe bisa digunakan untuk meredakan sakit itu. Pilek atau batuk bisa dikurangi sehingga Anda tetap bisa melakukan aktivitas harian dengan tenang.

4.    Mengatasi Mual dan Muntah

Saat berada di perjalanan atau kondisi badan sedang tidak fit, tubuh kerap mengalami mual yang susah dihentikan. Untuk mengatasi mual yang cukup parah ini, disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe. Manfaat wedang dapat mengurangi mual dan rasa hanya di perut akan membuat Anda mudah tidur.

5.    Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan menurun.

6.    Melancarkan Sirkulasi Darah

Wedang jahe memiliki kandungan mineral, asam amino, dan protein. Manfaat wedang jahe dapat melancarkan peredaran darah, karena kandungan tersebut  akan masuk ke dalam pembuluh darah. Saat darah mampu mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke bisa menurun.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Alasan Mengapa Orang Malas Bergerak
06 Januari 2020
Manfaat Minum Susu Kedelai bila Dikonsumsi Setiap Hari
10 Januari 2020
Selain Bikin Wangi, Bunga Mawar Punya Khasiat untuk Tubuh Sehat Lho
27 Januari 2020
Stres? Usir Stresmu dalam 60 Menit !
06 Februari 2020
Rutin Minum Jus Kubis Campur Lemon di Pagi Hari
19 Februari 2020
Pesan penting untuk generasi "MAGER" dari legenda SKJ
21 Februari 2020

Komentar