Logo Eventkampus

Manfaat Minum Susu Kedelai bila Dikonsumsi Setiap Hari

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Minum Susu Kedelai bila Dikonsumsi Setiap Hari

   Olahan kedelai selalu memberikan protein nabati terbaik bagi tubuh. Sebut saja seperti tahu, tempe, bahkan susu kedelai, memberikan banyak khasiat untuk kesehatan.

Apa saja sih manfaat lengkapnya untuk tubuh?

   Susu kedelai memiliki kandungan protein dan vitamin berkualitas tinggi. Ini membuat susu kedelai menjadi bagian yang bermanfaat dari pola makan vegan. Sebagai pengganti susu bebas lemak, susu ini diekstrak dari kedelai yang merupakan kacang-kacangan.

   Susu kedelai merupakan sumber energi, protein, serat makanan, dan lemak yang baik. Susu kedelai mengandung mineral, termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Berbagai vitamin seperti folat, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K juga ditemukan dalam susu kedelai.

      Susu kedelai juga merupakan sumber protein yang baik bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Susu kedelai juga dapat digunakan untuk membuat tahu, yang merupakan pengganti keju. Banyak yang memilih susu kedelai karena fleksibilitas dan kemampuannya untuk digunakan sebagai pengganti susu. Bisa tersedia dalam rasa cokelat dan vanila untuk variasi.

Berikut beberapa manfaat dari susu kedelai bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu kedelai mengandung protein, yang penting untuk pertumbuhan. Protein terbuat dari bahan penyusun yang disebut asam amino, yang telah terbukti memiliki efek dalam mencegah berbagai gangguan kesehatan. Kandungan asam amino dan isoflavon dari protein kedelai juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi isoflavon kedelai mengurangi kadar kolesterol serum pada pria lanjut usia. Di antara penderita diabetes tipe 2, asupan susu kedelai bisa membantu tekanan darah normal. Dengan demikian, asupan susu kedelai dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung.


2. Meredakan Masalah Postmenopause

Susu kedelai dapat memberikan bantuan pada masalah pascamenopause. Studi menunjukkan bahwa isoflavon kedelai dapat membantu mempertahankan kadar estrogen pada wanita menopause. Asupan susu kedelai oleh perempuan pasca-menopause dapat membantu mencegah penyakit yang mungkin terjadi akibat hilangnya hormon estrogen secara alami. Efek antioksidan dari isoflavon kedelai selanjutnya dapat bermanfaat dalam pengurangan penyakit kronis tertentu, terutama dari sistem kardiovaskular.


3. Mengatasi Osteoporosis

Penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai mungkin bermanfaat untuk osteoporosis pada perempuan pascamenopause. Sering dikenal sebagai tulang rapuh, hilangnya kalsium berkontribusi pada risiko penyakit ini. Osteoporosis adalah risiko bagi perempuan di usia pasca-menopause. Terapi penggantian hormon alami dengan isoflavon kedelai juga dapat meningkatkan retensi massa dan kepadatan tulang.


4. Mencegah Kanker

Menurut penelitian, kadar estrogen serum, yang terkait dengan risiko kanker payudara, dapat dikurangi dengan asupan susu kedelai. Perempuan pasca-menopause beresiko sangat tinggi untuk kanker payudara dan dapat mengkonsumsi produk kedelai untuk manfaat kesehatan lain. Sebuah studi komprehensif tentang penggunaan produk kedelai telah mempertimbangkan hasil yang ditunjukkan oleh American Cancer Society dan American Institute for Cancer Research. Penelitian ini menunjukkan bahwa aman bagi perempuan untuk mengkonsumsi susu kedelai karena isoflavon dalam berbagai susu ini bekerja sebagai agen anti-kanker.


5. Antioksidan

Efek antioksidan dari isoflavon kedelai dapat bermanfaat melawan penyakit kronis tertentu. Susu kedelai memiliki sifat antioksidan dan hepatoprotektif, yang membantu mengurangi stres oksidatif. Sebuah studi menunjukkan bahwa itu mungkin bermanfaat dalam mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Memakai Masker Putih Telur
05 Juli 2018
Mengisi Liburan Dengan Kegiatan Yang Sehat
09 Juli 2018
MANFAAT SUSU KEDELAI BAGI KAMU YANG LAGI DIET
23 Juli 2018
Alasan Mengapa Orang Malas Bergerak
06 Januari 2020
Selain Bikin Wangi, Bunga Mawar Punya Khasiat untuk Tubuh Sehat Lho
27 Januari 2020
Stres? Usir Stresmu dalam 60 Menit !
06 Februari 2020

Komentar