Logo Eventkampus

Fakta Unik Singa

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Fakta Unik Singa

    Jenis kucing besar yang selalu di anggap sebagai raja hutan adalah singa. Namun, apakah di alam liar mereka benar-benar pantas disebut sebagai raja hutan? Langsung aja kita kenali singa lewat enam fakta singa di bawah ini.

     Untuk mengetahui hal ini, ada baiknya kamu baca fakta-fakta singa berikut ini.


1. Hidup Berkelompok

Singa adalah salah satu kucing besar yang hidup berkelompok. Dalam sebuah kelompok singa biasanya terdiri dari 1-6 ekor singa jantan dan 4-15 ekor singa betina. Setiap kelompok singa mempunyai wilayah kekuasaannya sendiri yang rata-rata seluas 20 sampai 400 kilometer persegi.


2. Berburu adalah Tugas Singa Betina

Di alam liar, singa betinalah yang paling aktif berburu. Singa betina biasanya berburu mamalia besar kayak kuda zebra dan antelop di malam hari. Mereka juga bisa berburu di siang hari kalau wilayahnya punya rumput yang tinggi-tinggi. Lalu apa yang dilakukan singa jantan? Bersantai. Singa jantan punya tugas untuk melindungi kelompoknya dan jarang pergi berburu.


3. Paling Kuat

Ada banyak jenis kucing besar di dunia ini. Mulai dari singa, harimau, macan tutul hingga cheetah. Meskipun begitu, singa adalah kucing besar yang paling besar di antara kucing besar lainnya. Singa jantan khususnya mempunyai fisik yang juga kuat. Mungkin inilah kenapa pada cerita Lion King, singa digambarkan sebagai raja hutan. Karena mereka yang paling kuat. 


4. Tidur sampai 20 Jam

Nah, inilah yang dilakukan singa jantan khususnya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu buat tidur. Dalam sehari mereka bisa tidur sampai 20 jam. 


5. Auman yang keras

Selain berbadan besar dan berwajah garang salah satu hal yang paling nyeremin dari singa adalah aumannya. Suara auman singa terdengar sangat menggelegar, bahkan auman singa ini bisa terdengar sampai 8 kilometer, lho. 


6. Nggak Bisa Memanjat Pohon dan Takut Air

Nggak kayak kucing pada umumnya yang lincah dan jago manjat. Mamalia yang hidup di padang rumput ini adalah kucing yang nggak bisa memanjat pohon. Kalau cuma bebatuan sih masih bisa. Makanya, mereka suka tiduran di bebatuan. Oh iya, yang mirip banget sama perilaku kucing adalah singa takut air. Beda banget sama kucing besar lainnya kayak harimau yang nggak takut air.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Fakta Unik Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunia
28 Februari 2020
Fakta Menarik Orang Pendiam
13 Maret 2020

Komentar