Logo Eventkampus

Manfaat Fitur Dark Mode selain Membuat Tampilan Menjadi Keren

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Fitur Dark Mode selain Membuat Tampilan Menjadi Keren

Beberapa waktu lau, berbagai aplikasi, medsos, website sedang ramai membuat fitur dark mode yang dapat membuat layar menjadi gelap. Para pengembang mengatakan bahwa fitur ini membantu dan memiliki  manfaat. Nah, berikut ini manfaat dari dark mode selain membuat tampilan menjadi keren.

1.    Mengurangi Kelelahan pada Mata

Menerapkan mode gelap nyatanya mampu membantu mengurangi kelalahan mata yang terjadi akibat terus menerus menatap layar. Cahaya yang tidak terlalu banyak ini membuat mata tidak harus bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak, agar kondisi mata selalu basah. Kombinasi warna terang seperti putih, dengan latar gelap, bisa membuat seseorang menjadi lebih fokus.

2.    Menghemat Baterai

Mode terang pada smartphone yang biasa digunakan sehari-hari setidaknya dapat menghabiskan baterai enam kali lebih cepat daripada pengunaan mode gelap. Hal ini disebabkan karena lebih banyaknya kontras cahaya yang dihasilkan, sehingga smartphone mudah panas dan baterai cepat habis. Dengan mode gelap, smartphone tidak perlu bekerja keras untuk menyalakan LED ataupun OLED yang ada di dalam layar. Sehingga energi yang dikeluarkan smartphone tidak begitu banyak.

3.    Meningkatkan Kemampuan Membaca

Kombinasi warna terang seperti putih, dengan latar gelap, bisa membuat seseorang menjadi lebih fokus. Ketika mode gelap mulai diterapkan, cahaya yang berkurang akan membuat mata lebih fokus terhadap hal-hal yang berada di layar smartphone. Oleh karena itu, pengguna akan merasa mampu membaca tulisan lebih jelas.

4.    Memberikan Mood Lebih Baik

Sebuah warna juga bisa memengaruhi mood seseorang. Berdasarkan ilmu psikologi warna, hitam sering melambangkan misteri, elegansi, formalitas, kekuatan dan prestige. Oleh karena itu, dengan background hitam, orang-orang akan jauh lebih mudah memberikan mood berkonsentrasi ke satu titik.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Cara Merubah Tema Gelap pada Youtube
05 Februari 2020
Manfaat Menggunakan Incognito Mode pada Browser
12 Maret 2020

Komentar