Logo Eventkampus

Manfaat Air Cucian Beras

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Air Cucian Beras

    Manfaat air beras bagi manusia sangat beragam. Tak hanya bulir berasnya yang bisa memberikan berbagai khasiat, endapan air cucian beras ataupun air dari beras yang dimasak pun mengandung banyak nutrisi.

   Tak terbatas pada kesehatan tubuh, manfaat air beras juga bisa dirasakan dari segi kecantikan. kulit wajah, tubuh, dan rambut bisa dirawat menggunakan bahan alami ini. Apa saja manfaat air beras untuk kesehatan dan kecantikan?

     Berikut ini kami tampilkan manfaat air beras untuk rambut, wajah berjerawat, kulit tubuh, dan kesehatan.

Manfaat Air Beras untuk Rambut

Tak hanya untuk kulit dan tubuh, manfaat air beras juga bisa diambil untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Sebab nutrisi di dalam air beras memang baik untuk keduanya.

Apa saja manfaat air beras untuk kecantikan rambut? Berikut ini kami paparkan aneka manfaat air beras untuk rambut dan kulit kepala, dilansir dari Boldsky. Manfaat air beras untuk rambut antara lain. 


1. Menyuburkan Rambut

Manfaat air beras yang pertama adalah meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.


2. Menjadikan Rambut Bercahaya

Ingin rambut bercahaya? Buat campuran air beras dan air mawar. Gunakan untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut.


3. Mengatasi Ketombe

Kulit dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Membilas kulit kepala dengan air beras cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit.


4. Menghilangkan Kutu

Manfaat air beras yang tidak banyak banyak diketahui adalah membunuh kutu rambut berikut larvanya. Gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas rambut.


5. Mengatasi Rambut Bercabang

Manfaat air beras yang terakhir adalah mengatasi rambut bercabang. Celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

Manfaat Endapan Air Cucian Beras untuk Wajah

Apa saja manfaat endapan air cucian beras untuk kulit wajah? Ternyata air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit wajah maupun tubuh.

Berikut ini kami tampilkan aneka manfaat endapan air cucian beras untuk wajah.


1. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

Beras termasuk bahan alami dengan vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol berfungsi membantu merangsang pertumbuhan sel. Ini diperlukan untuk meremajakan kulit.


2. Menyehatkan Kulit dengan Memperlancar Peredaran Darah

Inositol juga berguna untuk merangsang peredaran darah di area kulit. Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu syarat kulit sehat. Jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan ke seluruh bagian sel.


3. Meredakan Iritasi dan Menenangkan Kulit Berjerawat

Manfaat air beras yang berikutnya adalah menenangkan kulit yang berjerawat dan iritasi. Semua itu karena kandungan allantoin di dalamnya.


4. Mencegah Pigmentasi (Penggelapan)

Air beras mengandung oryzanol, kandungan alami yang bisa mengurangi pigmentasi (penggelapan kulit)


5. Meringkas Pori-Pori

Kandungan dalam air beras juga bisa membantu meringkas pori-pori yang lebar.


6. Meringankan Peradangan Kulit

Allantoin dan pitera juga bisa membantu meringankan peradangan pada kulit. Jadi baik digunakan sebagai air bilasan, toner, atau pendingin wajah.


7. Memudarkan Bekas Luka

Air cucian beras juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Ini karena kandungan oryzanol dan pitera di dalamnya.


8. Memperbaiki Tekstur Kulit

Jika difermentasi, air beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya dapat menjadikan kulit bening bercahaya.


9. Mengatasi Kelebihan Minyak

Manfaat air beras yang terakhir adalah membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Mencuci muka dengan air beras akan membantu mengatasi minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit wajah.


10. Memudarkan Flek Hitam

Manfaat air beras yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam membantu memudarkan flek hitam. Kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat.

Manfaat Air Beras untuk Wajah Berjerawat

Air beras mengandung allantoin. Ini adalah senyawa antibakteri yang ampuh untuk menenangkan kulit berjerawat. Peradangan yang biasa terjadi saat berjerawat juga bisa diredakan dengan bilasan air beras.

Sementara mereka yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat juga bisa mendapatkan manfaat air beras karena sifatnya yang mengontrol minyak.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Air Cucian Beras yang Kamu Perlu Tahu
09 Januari 2020

Komentar