Logo Eventkampus

Dua Mahasiswa Profesi Dokter UGM Raih Juara di Respiquizz 2021

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Dua Mahasiswa Profesi Dokter UGM Raih Juara di Respiquizz 2021

Dua mahasiswa  FKKMK UGM berhasil meraih gelar juara 1 pada ajang Respiquizz 2021. Mereka adalah Hermanuaji Sihageng dan Yolanda Kadir. Keduanya adalah mahasiswa Profesi Dokter FKKMK UGM angkatan 2015.

Respiquizz adalah perlombaan tahunan bagi mahasiswa kedokteran tingkat internasional mengenai ilmu respirasi. Ajang ini merupakan salah satu rangkaian acara dari 22nd International Meeting on Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2021 yang diselenggarakan secara daring oleh The Society of Respiratory Care Indonesia. Tahun ini, Respiquizz diikuti oleh 17 fakultas kedokteran dari seluruh Indonesia.

Hermanuaji Sihageng, mewakili rekannya, menyatakan rasa syukur atas kemenangan yang diraih mereka ini. Hal itu lantaran keikutsertaan mereka ini juga diselingi dengan kesibukannya untuk rotasi klinik/koas dan persiapan ujian kompetensi dokter (UKMPPD). Selain itu, ajang ini merupakan kompetisi terakhir yang mereka ikuti karena sudah berada di penghujung pendidikan dokternya.

Pria yang akrab disapa Ageng tersebut menceritakan mereka mengikuti Respiquizz ini setelah lolos proses seleksi yang terdiri dari seleksi berkas, tes soal singkat, dan wawancara. Keduanya belajar secara mandiri dan diskusi soal-soal tentang respirasi melalui sumber-sumber yang diberikan oleh dosen pembimbing dan pembimbing materi.

Dosen pembimbing tersebut adalah dr. Rahmaningsih Mara Sabirin, M.Sc dan dr. Siswanto, Sp.P. Sementara pembimbing materi mereka adalah dr. Astari Pranindyasari Pradopo, Sp.P dan dr. Junaedy Yunus, M.Sc, Ph.D. Kesemuanya merupakan dosen dan dokter dari FKKMK UGM.

Selain gelar juara, Ageng menyebut melalui ajang ini, dirinya dapat memperdalam tentang ilmu pulmonologi. Hal itu terlebih ia mengungkapkan bahwa selama koas juga belum ada state khusus pulmonologi sehingga ilmu yang didapat selama kompetisi ini dapat memperdalam pengetahuannya.

“Kami senang kompetisi terakhir kami di penghujung masa pendidikan ini berbuah manis. Kami harap adik-adik tingkat kami dapat mengikuti langkah kami ini. Jangan takut untuk ikut seleksi. Mengutip pernyataan Henry Ford, ‘Whether you think you can, or you think you can’t, you’re right’. Kita bisa memilih kita mau menjadi versi diri yang bagaimana untuk mencapai impian kita. Semua tergantung kepada diri kita sendiri. Semangat, viva medika,”pungkasnya.

Penulis: Hakam



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/20902-dua-mahasiswa-profesi-dokter-ugm-raih-juara-di-respiquizz-2021

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim NL_Mawib UGM Juara Kompetisi Finhac 2019
28 November 2019
Ganjar : Kagama Harus Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat
16 Desember 2019
Proses Pemasakan Matikan Parasit Cacing pada Ikan
02 Maret 2020
Berjemur Sinar Matahari Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh
02 April 2020
Berkumur Air Garam Tidak Bisa Cegah Covid-19
28 April 2020
11 Mahasiswa AAPG UGM-SC Terima Dana Pendidikan L. Austin Weeks
03 Juli 2020

Komentar