Logo Eventkampus

Mbak Yayuk From UGM, Kamu Kenal?

access_time | label Konon Katanya
Bagikan artikel ini
Mbak Yayuk From UGM, Kamu Kenal?

Universitas Gajah Mada adalah salah satu kampus tertua di Indonesia dan kampus negeri tertua di Indonesia. Selain menyimpan legasi, peringkat, dan banyaknya mahasiswa yang berprestasi UGM juga menyimpan cerita mistis yang melegenda.


Konon di universitas tersebut memiliki sosok penunggu yang dijuluki 'Mbak Yayuk'. Sebenarnya tidak jelas sejak kapan mitos ini beredar. Sosoknya ini sebenarnya adalah seorang mahasiswi UGM yang menawan, mempesona dan sosok yang introvert. Namun ternyata ia mengalami gangguan mental yang menyebabkan depresi karena skripsinya yang ditolak sama dosen pembimbing. Ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, dengan lompat dari Gedung Fakultas Ekonomi. Kejadian naas ini dikabarkan terjadi sekitar tahun 1980-an. Sayangnya 'arwah' beliau tidak pulang kerumahnya dan masih ngampus di UGM sampai sekarang.


Sosoknya ini digambarkan seperti mahasiswi pada umumnya, berparas menawan namun pucat dan bedanya dengan mahasiswa era sekarang dia berpakaian gaya retro ia juga tidak seseram 'penunggu' pada umumnya. Sosoknya ini dikabarkan sering terlihat mondar-mandir di koridor lantai 3 gedung utara sayap barat atau tempat lain yang masih menjadi lingkungan Fakultas Ekonomi.


Seperti 'penunggu' pada umumnya, ila kerap muncul saat sore atau malam hari. Ada beberapa mahasiswa yang pernah berjumpa dengan sosoknya, salah satunya kita sebut saja dia A'an, dia bercerita bahwa dia perah mengagumi style seorang gadis yang bergaya retro, hampir naksir katanya. Ceritanya berawal saat malam-malam ia tengah siap-siap pulang melewati koridor lantai 3 yang sepi, tiba-tiba saja muncul seorang adis berpakaian retro denan wajahnya yang ayu namun pucat. Tidak ada bau aneh-aneh seperti wangi ataupun anyir yang ia cium, bahkan bulu kuduknya saja tidak berdiri seperti mereka yang pernah bertemu sosok mistis.


la mengira kalau gadis tersebut adalah seorang Tiktokers atau Selebgram dengan gaya pakaiannya yang seperti itu. Tapi saat ia menamatkan penglihatannya menatap wajah gadis tersebut ia merasa jika wajah itu semakin lama semakin menyiratkan kesedihan. Merasa aneh, A'an pun akhirnya sliweran dan Ketika ia menengok ke belakang sosok gadis yang disebut tadi sudah tidak ada di tempat.


Yeorobun, terlepas dari cerita ini mitos atau bukan yang terpenting adalah kita selalu berdoa kepada yang maha kuasa agar selalu dimudahkan jalan yang kita lewati. Ja gan pernah menyerah untuk menggapai apa yang kamu inginkan.




picture : https://images.app.goo.gl/vb8WU75YJ7B5A4XZ9

Penulis

foto Ernestia
Ernestia

Komentar