Logo Eventkampus

Apasih arti kata "Sheeesh"?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Apasih arti kata

“Sheesh”. Adalah kata ‘slang’ yang populer sebagai alternatif untuk kata “jeez” dan “damn”, yang umumnya digunakan untuk mengekspresikan rasa terkejut atau rasa tidak percaya pada sesuatu, ataupun untuk memuji seseorang. Kata tersebut sudah ada sejak tahun 1950an, dan kembali populer berkat budaya “drip”, dan pemain bola basket NBA LeBron James.

Merujuk pada situs Meriam-Webster. Penggunaan pertama kata “sheesh” sudah ada sejak tahun 1955, yang awalnya digunakan untuk mengekspresikan rasa kecewa, terganggu atau terkejut”. Bertahun-tahun kemudian, kata tersebut mengalami pergeseran makna, sehingga saat ini dapat digunakan juga untuk hal-hal yang positif seperti memuji. Pada tanggal 23 April 2017, pengguna Urban Dictionary Ugly_God_09 menambahkan definisi “sheesh” yang diartikan sebagai “1. Dammmmmm. 2. Oh my god. Penyanyi rap Young Thug menggunakan kata “sheesh” pada salah satu lagunya yang berjudul “Check” yang dirilis pada tahun 2015.


Sementara itu, pemain bola basket NBA LeBron James diketahui mulai menggunakan kata “sheesh” dan tagar #sheesh di sosial medianya sejak tahun 2017. Umumnya digunakan untuk mengekspresikan rasa bahagia dan kejutan yang positif, dan kemungkinan besar LeBron turut andil mempopulerkan kata tersebut.

Di tahun yang sama, penggunaan kata tersebut langsung meningkat pesat, yang kini digunakan untuk memuji pakaian seseorang yang dianggap “drip”. Seperti contohnya pada tanggal 8 Desember 2017, aktor Cameron Boyce mengupload foto seseorang bernama Karan Brar memakai jas GQ disertai cuitan “sheesh!!!! Look at my brother.”


Penulis

foto Firdaus Zainul Ikhsan
Firdaus Zainul Ikhsan

Artikel Terkait

Tujuan meme UNO draw 25 cards
05 Februari 2020
Mengenal Karakter Meme Rage Komik
20 Februari 2020
Maksud dan Asal Mula Kata Ferguso
21 Februari 2020
KETAHUI ISTILAH – ISTILAH GAUL ANAK JAKSEL BIAR MAKIN GAUL
16 Februari 2022
Siapa sih It'sStefano??
18 Maret 2022
SLANG WORD IN LANGUAGE
01 April 2022

Komentar