Logo Eventkampus

PROFIL MIGUEL OLIVEIRA, PEMENANG PERTAMA DI PERTAMINA GRAND PRIX OF INDONESIA

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
PROFIL MIGUEL OLIVEIRA, PEMENANG PERTAMA DI PERTAMINA GRAND PRIX OF INDONESIA

Miguel Ângelo Falcão de Oliveira atau biasa dipanggil Miguel Oliveira adalah seorang pembalap motor professional yang berasal dari Portugal. Miguel berhasil meraih podium pertama pada Pertamina Grand Prix of Indonesia yang diselenggarakan di Mandalika International Street Circuit Indonesia pada tanggal 20 Maret kemarin. Miguel bukan hanya meraih podium pertama saja, tapi dia juga menjadi orang pertama yang menjadi juara di Mandalika International Street Circuit, harusnya hal tersebut menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Miguel, karena hal tersebut akan tercatat dalam sejarah MotoGP kedepannya. Tapi ngomong-ngomong, seberapa tahu kah kalian tentang pembalap yang satu ini?

Miguel Oliveira lahir pada tanggal 04 Januari 1995 di Almada, Portugal. Pria yang sekarang berusia 27 tahun itu memulai karirnya sebagai seorang pembalap motor pada tahun 2011 di kelas 125cc, saat itu Miguel tergabung kedalam tim Andalucia Banca Civica dengan motornya yaitu Aprilia. Selama berkarir di kelas 125cc, Miguel belum pernah merasakan rasanya masuk podium. Kemudian pada tahun 2013, Miguel naik ke kejuaraan Moto3 sampai tahun 2015. Selama berkarir di kejuaraan Moto3, Miguel sempat berganti tim dua kali, dari tim Estrella Galicia dengan motornya Suter Honda, kemudian ke Mahindra Racing dengan mototrnya yaitu Mahindra, hingga ke tim Red Bull KTM Ajo dengan motornya yaitu KTM. Saat berada pada tim Red Bull KTM, Miguel akhirnya merasakan menjadi seorang pemenang, dia beberapa kali merasakan berada pada podium pertama pada saat itu.

Pada tahun 2016, Miguel naik dari Moto3 ke kejuaraan Moto2. Di awal karirnya di Moto2, Miguel tergabung kedalam tim Leopard Racing, walaupun akhirnya dia kembali lagi ke tim lamanya saat dia masih di Moto3, yaitu Red Bull KTM Ajo. Saat tergabung kedalam tim Red Bull KTM Ajo kembali, Miguel meraih banyak kemenangan disana. Hingga akhirnya pada tahun 2019, Miguel naik ke kejuaraan balap motor kelas tertinggi yaitu MotoGP. Dia tergabung kedalam tim Red Bull KTM Tech 3. Pada musim awalnya di MotoGP, Miguel sama sekali tidak merasakan kemenangan, bahkan masuk podium sekalipun. Pada musim keduanya, Miguel akhirnya berhasil meraih kemenangan pertamanya di MotoGP. Hingga saat ini, Miguel Oliveira masih tergabung di dalam tim Red Bull KTM Tech 3 di MotoGP 2022 ini. Yang terbaru, Miguel menjadi juara pertama di MotoGP Indonesia. Berhubung MotoGP 2022 ini baru memasuki seri ke-2 nya yang bertempat di Indonesia, jadi patut kita nantikan aksi-aksi Miguel Oliveira di seri-seri MotoGP selanjutnya.


Penulis

foto Anjan
Anjan

Artikel Terkait

Sejarah Sepak Bola Indonesia
03 Januari 2020
Budaya , adat istiadat dan "bersimbol agama"
16 Januari 2020
Milea : Suara dari Dilan Pelangkap dari trilogi Film Dilan
04 Februari 2020
Mangkujiwo : Membahas Lahirnya Mbak Dini
05 Februari 2020
ECONOMICS COMPETITION 2022 (LOMBA EKONOMI NASIONAL TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT SE-INDONESIA)
08 Agustus 2022

Komentar