Logo Eventkampus

Manfaat Kulit Apel

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Kulit Apel

1. Menangani masalah pernapasan dan paru-paru

Makan daging apel beserta kulitnya dipercaya dapat mengatasi masalah pernapasan. Kandungan dalam buah apel yang bernama quercetin dapat membantu paru-paru berfungsi dengan baik.

2. Mencegah hilangnya memori

Quercetin pada kulit apel juga mampu melindungi sel otak dari kerusakan dan mencegah hilangnya memori. Zat tersebut juga dapat meningkatkan konsentrasi dan mengobati kepikunan.

3. Baik untuk diabetes

Kulit apel mampu untuk mengatur gula darah. Antioksidan yang terkandung dalam kulit apel mampu mengurangi aktivitas enzim yang memecah zat tepung menjadi gula sehingga mengurangi tingkat gula darah.

4.  Masalah mata

Kulit apel pun mampu mengurangi risiko katarak. Jika Anda mengonsumsi apel beserta kulitnya secara rutin terbukti baik untuk kesehatan Anda.

5. Mengobati batu empedu

Kulit apel kaya akan serat sehingga mampu mencegah akumulasi batu di kandung empedu. Batu empedu  terbentuk karena terlalu banyak kolesterol dan serat menghilangkan kolesterol tersebut.

6. Kesehatan gigi

Kulit apel mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Proses mengunyah apel bersama dengan kulitnya membuat gigi lebih putih dan sehat dengan meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

7. Baik untuk penderita anemia

Makan apel sekaligus kulitnya juga baik untuk ibu hamil karena kaya akan asam folat dan zat besi. Kandungan zat besi pada kulit apel juga baik untuk orang-orang anemia. Selain itu kulit apel juga kaya akan kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng dan zat lainnya.

8. Baik untuk tulang

Kalsium dalam kulit apel dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang. Hilangnya kalsium dapat menyebabkan tulang lemah dan rapuh atau disebut sebagai osteoporosis.

9. Berat badan

Kulit apel mengandung enzim yang disebut asam ursolat. Zat ini dapat membantu mengurangi berat badan. Jika Anda mengalami obesitas atau ingin menurunkan berat badan maka Anda harus mengonsumsi apel tanpa dikupas setiap hari.

10. Melindungi dari penyakit

Kulit apel kaya akan flavonoid, fitokimia dan antioksidan. Ketiga zat tersebut penting dalam menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh untuk melawan infeksi.

11. Melindungi dari berbagai kanker

Kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid. Senyawa ini memiliki sifat melawan kanker dan juga membantu melindungi dari kanker seperti hati, payudara dan kanker usus besar.

12. Kesehatan jantung dan saluran cerna

Kulit apel mengandung serat larut dan tidak larut. Hampir semua serat dalam apel ditemukan dalam pada kulitnya. Serat ini dapat membantu mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan juga membantu untuk mengobati sembelit.


 

Penulis

foto devifaa
devifaa
smk wikarya karanganyar

Artikel Terkait

Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan Manusia
14 Juli 2017
Bahaya Malam Hari Saat Dibawah Pohon
18 Juli 2017
Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Darah Rendah(Untuk Menaikkan Tekanan Darah)
19 Juli 2017
Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan
18 Januari 2018
Manfaat Kulit Kacang
22 Januari 2018
Manfaat Bawang Dayak
22 Januari 2018

Komentar