Logo Eventkampus

Kebanyakan Main Smartphone Bikin Kita Gak Smart. Ini dia 6 Sebabnya

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kebanyakan Main Smartphone Bikin Kita Gak Smart. Ini dia 6 Sebabnya

Kemunculan hape-hape smartphone saat ini benar-benar telah merevolusi hidup kita. Kalau dulu ponsel cuma buat telponan, sekarang menjadi perangkat yang multi fungsi, buat teleponan, sms'an, chatting, game, video call, browsing, selfie, dsb.

Sementara ponsel semakin pintar dan pintar, kita sendiri malah menjadi sedikit lebih bodoh. Semakin banyak yang bisa dilakukan ponsel kita, semakin sedikit yang kita lakukan untuk diri kita sendiri. Akibatnya otak jadi makin tumpul dan tubuh jadi makin malas.
 

Dan inilah 8 alasan mengapa kebanyakan smartphone bisa bikin kita gak smart lagi. 

1.Gak peduli sama Dunia Sekitar

Jika evolusi mengajarkan semua hewan satu hal, itu adalah keep your head up or you’ll be dinner.Nah, berkat smartphone, manusia tidak melakukan itu lagi. Sebaliknya, kita selalu menatap layar ponsel dimanapun berada, gak peduli lagi jalan raya. Sampai-sampai menabrak tiang atau jatuh ke selokan, persis kayak orang idiot.

2.Bodoh secara sosial

Fenomena yang satu ini udah gak asing lagi, dan pasti pernah dialami semua orang. Saat kamu nongkrong bareng teman-teman, baik direstoran, cafe, atau sebuah pesta, dan semua orang bermain dengan smartphone mereka.

3.Malas Bicara

Dulu, ketika kita lagi menunggu di tempat umum ataupun lagi naik kereta/bus, kita akan ngobrol dengan orang disamping kita. Ya, itu dulu. Sekarang kita tidak melakukan hal tersebut.

Saat lagi nunggu atau bengong, kita pasti bakal mengeluarkan smartphone. Entah itu buat nge-cek facebook, bbm wa, IG, atau cuma main game Fruit Ninja. Yang jelas kita jadi males gunain mulut buat berbicara, mending main smartphone aja deh. Ya begitulah..

4.Kebanyakan Begadang

Yup, kita semua melakukannya, memeriksa email, teks, Facebook, Twitter, Instragram. Dan, WTH, jam berapa ini?Berapa banyak waktu tidur yang kita lewatkan, dan bagaimana itu tidak membuat kita bodoh

5.Kemana-mana Mengandalkan GPS

Dulu saat kita bepergian ke luar kota atau ke tempat asing kita harus melihat peta dan mempelajarinya sedikit. Itu memberikan kita kecerdasan tersendiri tentang lingkungan asing tersebut.Sekarang? Kita hanya menggunakan smartphone kita. Tidak perlu berpikir atau mengingat. Hanya melakukan apa smartphone kita katakan, turn left, turn right.

6.Minimnya Kosakata

Ane yakin, kamu pasti pernah ngalamin momen seperti ini, dimana saat kamu chattingan -baik itu sama gebetan, pacar, atau teman-, tiba-tiba kamu kehabisan bahan obrolan. Dan tanpa pikir panjang, kamu pun langsung gunain emot-emot kuning buat ngebales chat temenmu. Iya kan?

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Ingin Sukses dengan Website ? Pahami cara berikut !
19 Januari 2018
Jarene Wong Jowo (Kata Bijak)
22 Januari 2018
5 Manfaat Penting Pria Memiliki Kepala Botak
22 Januari 2018

Komentar