Logo Eventkampus

3 nutrisi yang di butuhkan pelari

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
3 nutrisi yang di butuhkan pelari

                                                                                        3 nutrisi yang di butuhkan pelari

 

Lari merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat bagus untuk membakar lemak. Tidak heran banyak orang yang melakukan olahraga ini demi menjaga berat badan dan kesehatannya.

Ada 3 nutrisi penting yang harus dijaga oleh para pelari agar kesehatan  tubuhnya tetap terjaga. Meskipun olahraga lari secara umum membuat badan sehat, tetapi jika dilakukan tanpa memperhatikan nutrisi-nutrisi  di dalam tubuh tercukupi atau tidak, maka lari bisa menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja ke-3 nutrisi tersebut?

1.karbohidrat

Nutrisi pertama yang harus tercukupi oleh pelari adalah karbohidrat. Jika kita berlari dengan jarak yang jauh dan itensitas tinggi, namun hanya diimbangi dengan karbohidrat yang rendah, maka itu sama saja dengan mengendarai suatu mobil tanpa memakai bahan bakar.

Meskipun kita sudah mengkonsumsi minuman berenergi, namun asupan karbohidrat yang paling baik yaitu bersumber dari makanan alami yang mengandung gizi. Makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat yaitu seperti ubi jalar, nasi, gandum, dan masih banyak lagi.

2. zat besi

Nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, yang mana selanjutnya akan membawa oksigen ke dalam otot tubuh.

Saat berlari, otot akan bekerja dengan keras. Sehingga membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Sumber-sumber makanan yang paling banyak mengandung zat besi adalah jenis kacang-kacangan, daging merah, ikan, tahu, dan bayam.

3.sodium

Nutrisi yang ketiga adalah sodium, seorang pelari sangat  memerlukan sodium ketika berlari. Hal ini karena sodium memiliki peran penting pada saat berlari, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan  cairan tubuh.

Bagi orang yang memiliki keringat asin, sodium merupakan kebutuhan penting ya

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

7 Lagu Indonesia Bertema Ulang Tahun Cocok Buat Remaja
20 Agustus 2018
Jokowi Bangga Kepada Anthony Ginting Meski Cedera Saat Lawan Cina
23 Agustus 2018
Indonesia Akui Kehebatan Kazakhstan di Balap Sepeda Jalan Raya Asian Games
24 Agustus 2018
Dampak Negatif yang Mungkin Dialami oleh Kaum Millenials
28 Agustus 2018
Pipiet Menang dan Rebut Emas ke-28 Indonesia di Asian Games
31 Agustus 2018

Komentar