Logo Eventkampus

Manfaat mandi air panas alami

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat mandi air panas alami

         Pemandangan alam pegunungan serta air panas dengan kandungan sulfur dan belerangnya yang berkhasiat menjadi daya tarik tersendiri. Sebutlah tempat wisata pemandian air panas di Ciater Jawa Barat, Banyuwedang Bali, Semurup Jambi, dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut selalu dipenuhi pengunjung yang berekreasi sekaligus ingin mendapatkan manfaat dari air panas belerangnya.
 

1.  Mengeluarkan racun
             Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit

2.  Menghilangkan Stress

             Jika anda benar-benar mengalami stress, mandi air hangat akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 30 - 35 derajat Celsius. Mandi air hangat sangat baik meredakan ketegangan, apalagi jika dialam bebas sambil menikmati pemandangan alam. Dijamin stres akan hilang menjauh....

3.  Mengobati Eksema
             Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

4.  Mengobati Infeksi
             Berendam sekitar 15-20 menit dapat membantu penyembuhan penyakit2 nfeksi kulit, ini pengaruh dari sifat belerang yang mengandung antiseptik.

5.  Flu dan Sakit Kepala
             Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah.. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6.  Mengobati Insomnia 

             Merendam kaki dalam air hangat sangat baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukkan kaki sampai kaki merasa hangat sekitar 10 - 20 menit. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

7.  Memperlancar Sirkulasi darah
              Berendam di air hangat, akan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kesehatan organ2 vital dalam tubuh seperti jantung, paru paru, ginjal, liver dan lainnya. Sehingga ada beberapa penderita penyakit seperti jantung, diabet, hipertensi, arterosklirosis dll yang merasa lebih baik kesehatannya jika rutin berendam di air panas alami ini.

8.  Mengobati jerawat
              Sulfur dapat mengobati jerawat di wajah. Caranya, usapkan saja beberapa kali air panas yang mengandung belerang itu' 

9.  Meringankan keluhan penyakit tulang seperti Rematik, sakit bahu, sakit pergelangan tangan dan kaki.

10.  Air panas juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas,memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan sangat efektif menghilangkan pegal-pegal.
          

Sedangkan Penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan beberapa temuan penting mengenai manfaat mandi air panas :

1.  Para penderita diabetes yang menghabiskan waktu selama setengah jam berendam dalam air suam/hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sebesar 13%.

2.  Penelitian di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk lelaki.

3.  Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Air dengan suhu antara 32-35 celcius dapat membuka pori pori dan membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh.

4.  Menyembuhkan sakit otot pegal.

5.  Mandi air panas selama 10-20 menit dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik.

6. Terapi mandi air panas dapat membantu mengatasi penyakit kulit.

7. Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma,sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah.

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Cara Aman Belanja Toko Online Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan
01 Agustus 2018
Cara Menjaga Persahabatan Agar Bisa Awet
02 Agustus 2018
Merasa lesu setelah makan siang? Coba lakukan ini!
03 Agustus 2018
Tanda Mantan Masih Sayang
09 Agustus 2018
Jangan Langsung Share! Ini 5 Cara Mengetahui Sebuah Berita Hoax
10 Agustus 2018
Akibat Terlalu Sering Menatap Layar HP
13 Agustus 2018

Komentar