Pilih Perguruan Tinggi Swasta, Why Not

access_time | label Tips & Trik
Pilih Perguruan Tinggi Swasta, Why Not

Jika ada paradigma bahwa perguruan tinggi negeri lebih baik dari perguruan tinggi swasta, tidak sepenuhnya benar. Tidak semua PTN memiliki kualitas lebih baik dari PTS, itu semua tergantung PTN dan PTS masing-masing. Ada sebagian calon mahasiswa yang memilih PTS sebagai alternatif ketika tidak lulus ujian SNMPTN, namun, ada pula yang memang sudah merencanakan dan mempersiapkan diri untuk kuliah di PTS. Beberapa hal yang kamu dapat pertimbangkan jika ingin kuliah di PTS:

1. Seleksi masuk yang cukup mudah dibandingkan dengan PTN

Jika untuk lolos ujian SNMPTN dan SBMPTN harus berjuang menyisihkan ratusan ribu peserta lain, namun untuk masuk PTS tidak perlu melalui tahapan seleksi seketat itu. Bahkan dapat dikatakan masuk PTS cukup mudah.

2. Biaya kuliah lebih mahal dari PTN

Perbedaan paling mendasar antara PTN dan PTS adalah pada biaya kuliah, biaya kuliah di PTS bahkan bisa sampai beberapa kali lipat lebih mahal dari biaya kuliah PTN.

3. Beberapa PTS memiliki kualitas yang lebih baik dari PTN

Tentu tidak semua PTS memiliki kualitas yang lebih baik dari PTN, namun beberapa memang memiliki kualitas yang lebih baik dengan fasilitas yang lengkap. Mengingat biaya kuliah yang lebih mahal.

4. Siapkan sumber pendapatan untuk menyokong kebutuhan biaya kuiah

Buat kamu yang bukan berasal dari keluarga menengah ke atas alias keluarga dengan keadaan ekonomi biasa-biasa saja, alangkah baiknya kalau kamu persiapkan diri untuk memiliki sumber pemasukan sendiri demi memenuhi kebutuhan dan biaya kuliah yang mahal.

5. Dimanapun tempat kuliahnya semua kembali pada dirimu

Tidak masalah di mana tempat kamu kuliah, apa yang akan kamu dapatkan tergantung bagaimana usaha dan keseriusan kamu. Meskipun PTN dan PTS memiliki kualitas yang bagus dengan fasilitas super lengkap, namun kamu terus malas-malasan tentu hasilnya akan tetap nihil.

Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baik lulusan PTN dan PTS pada akhirnya akan sama-sama berjuang di dunia kerja, entah untuk menduduki suatu posisi pada perusahaan atau menjadi wirausaha.

Penulis

foto agil t mulyani
agil t mulyani
IAIN Salatiga

Share

Komentar