Logo Eventkampus

6 Tips Mengetik Cepat yang perlu anda ketahui

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
6 Tips Mengetik Cepat yang perlu anda ketahui

Mengetik dengan cepat memang tidak mudah, tidak begitu saja orang bisa mengetik dengan cepat, perlu latihan dan trik agar bisa mengetik dengan super cepat.Latihan dan membiasakan diri dengan aturan dan cara yang benar dalam mengetik tentu akan membantu Anda mengetik dengan dengan cepat.Jika Anda termasuk orang yang belum bisa mengetik dengan cepat, berikut ini ada beberapa tips agar Anda bisa mengetik dengan cepat melalui latihan yang teratur.

1. Atur tempat kerja yang tepat untuk diri Anda

Hal pertama yang akan Anda butuhkan sebelum Anda duduk dan mulai mengetik adalah tempat kerja yang cukup nyaman, dimana luasnya tidak mengganggu Anda. Akan lebih baik jika Anda mengetik di meja daripada dipangkuan.

2. Percaya atau tidak, posisi dan postur Anda itu penting

Mencoba dan duduk lurus serta menjaga pergelangan tangan Anda pada tingkat yang sejajar dengan keyboard, sehingga jari-jari Anda dapat melengkung dengan banar diatas tombol. Cobalah untuk tidak terlalu membungkuk dan duduklah pada ketinggian yang nyaman.

3. Posisi tangan yang benar

Posisi tangan yang salah adalah kesalahan paling utama yang sering dilakukan seseorang dalam mengetik. Untuk mengetik dengan baik, tempatkan tangan Anda dan jari diatas baris tombol utama dan kembali lagi ke posisi tersebut sambil istirahat. Baris tombol utama adalah sebagai berikut.

Jari telunjuk kiri pada huruf F
Jari tengah kiri pada huruf D
Jari manis kiri pada huruf S
Kelingking kiri pada huruf A
Jari telunjuk kanan pada huruf J
Jari tengah kanan pada huruf K
Jari manis kanan pada huruf L
Jari kelingking kanan pada titik dua/titik koma (: dan ;)
Jempol kiri dan kanan harus standby pada tombol spasi

4. Coba lakukan latihan mengetik sederhana

Mulailah dengan tombol utama: asdf <spasi> jkl;
Kemudian, ketik tombol utama dengan huruf besar, menggunakna tombol shift ASDF <spasi> JKL;
Lalu berpindah ketombol yang ada dibawah dan ketik zxcvbnm;
Kemudian, melompat ke baris atas: qwertyuiop
Tanpa melihat keyboard coba untuk menilis huruf alphabet secara lengkap, dengan posisi tangan tetap seperti aturan pada poin 3.

5. Belajar mengetik tanpa melihat keyboard

Ini merupakan skill yang cukup sulit untuk dilakukan pada awal, namun ini merupakan cara mengetik tercepat yang bisa Anda lakukan dan kuasai. Dibutuhkan latihan yang teratur untuk hal ini. Mulailah secara perlahan dan mencoba untuk mengetik tanpa melihat keyboard sambil mengingat posisi huruf dengan posisi jari seperti poin 3. Bangun kecepatan Anda secara bertahap dan coba untuk terus mencoba walaupun akan sulit dilakukan pada saat awal belajar.

6. Latihan, latihan dan praktek

Tidak ada jalan pintas untuk berlatih mengetik cepat, semakin Anda sering melakukan maka kecepatan Anda mengetik akan semakin meningkat dan Anda akan tau dengan sendirinya tombol tertentu harus diketik dengan jari tertentu.

7. Manfaatkan aplikasi latihan mengetik

Internet menyediakan berbagai website dan software yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetik dengan cepat, tersedia juga langkah-langkah dan level yang bisa memacu Anda untuk mengetik lebih cepat, Anda bisa menggunakan aplikasi Typing Master misalnya, atau website keybr.com

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar