Logo Eventkampus

10 Oleh-Oleh Khas Indonesia yang paling diminati wisatawan mancanegara

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
10 Oleh-Oleh Khas Indonesia yang paling diminati wisatawan mancanegara

 

Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia menyimpan segudang keunikan yang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung.


Terbukti salah seorang sahabat suami saya, Kirk Roger asal Australia, baru-baru ini datang ke Indonesia bersama istri dan kedua anaknya. Sebelumnya, Roger pernah tinggal di Indonesia selama 3 tahun untuk kuliah. Kini ia datang bersama anak dan istrinya, ingin memperkenalkan kepada mereka betapa indahnya Indonesia.


Selama berada di Indonesia mereka mengunjungi beberapa tempat wisata dan sangat berharap untuk membawa pulang oleh-oleh khas dari tiap daerah. Ia meminta bantuan suami saya untuk membantunya mencari, dan kami pun berburu bersama sekitar 10 oleh-oleh khas Indonesia yang menurut saya sangat unik dan menarik. Mungkin bisa jadi ide buah tangan bagi relasi Anda juga!

1. Kopi luwak


Sebelum datang ke Indonesia, Roger telah sering mendengar tentang ketenaran kopi luwak. Ketika dia melihat harga kopi luwak di Indonesia relatif lebih murah, dia tidak perlu berpikir lama untuk membelinya. Di Australia harga secangkir kopi luwak bisa dibanderol hingga AUS$50 atau setara dengan lima ratus ribu rupiah.

2. Topeng


Ada beberapa jenis topeng yang dia beli di antaranya topeng Bali dan topeng Malangan. Menurutnya, topeng Bali dan Malangan sangat unik karena masing-masing menunjukkan ekpresi wajah yang berbeda-beda.

3. Kain Batik


Saat berada di Solo, Roger membeli beberapa bahan kain Batik untuk dibuat pakaian setibanya di rumah. Ia ingin seluruh anggota keluarganya mengenakan pakaian batik dengan motif yang sama untuk digunakan dalam foto keluarga.

4. Rokok kretek


Sebagai seorang penggemar rokok (sayang sekali), Roger sangat senang dengan kualitas rokok di Indonesia. Salah satu rokok yang sangat ia gemari ketika masih kuliah dulu adalah jenis kretek. Oleh karena itu, dia membeli beberapa bungkus rokok kretek untuk dibagikan kepada teman-temannya di Australia nanti.

5. Sambal


Pernah tinggal selama 3 tahun membuat Roger sangat kangen dengan cita rasa pedas makanan khas Indonesia. Untuk itu, tidak segan-segan dia membawa beberapa botol sambal untuk dibawa pulang.

6. Dupa aromaterapi


Istri Roger sangat suka dengan dupa aromaterapi. Menurutnya bau harum yang keluar saat dibakar sangat khas dan bisa menenangkan jiwa.

7. Kerajinan tangan


Sempat mereka sekeluarga "menggila" saat berada di sebuah toko pusat penjualan suvenir di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Ada banyak kerajinan tangan menarik perhatian mereka. Akhirnya mereka membeli beberapa di antaranya, yaitu: Miniatur kapal pinisi, perangkat dari perak, angklung, wayang kulit, wayang golek dan sebuah miniatur candi Borobudur.



8. CD musik


Tidak ingin melupakan Indonesia setibanya di kampung halaman, Roger membeli beberapa CD musik dari beberapa musisi nasional. Menurutnya musik-musik dari Indonesia sangat bagus dan membuatnya merasa keren saat berkumpul bersama teman-temannya.

9. Kain tenun


Istri Roger lagi-lagi sangat terpikat dengan hasil kreasi kain tenun, terutama tenun songket asal Sumatra. Menurutnya tiap motif yang ada dalam tiap kain tenun songket Sumatra mengandung makna religius dan hal itu sangat memikat hatinya.

10. Sepasang cincin batu akik


Sempat menjadi tren beberapa waktu lalu, ketenaran batu akik ternyata juga mampir ke telinga Roger. Penasaran dengan hal tersebut, saat berada di Indonesia tidak lupa ia membeli sepasang batu akik untuk diberikan kepada orangtuanya.


Tentu bangga rasanya menjadi orang Indonesia, saat melihat begitu antusiasme para wisatawan asal luar negeri berburu oleh-oleh khas negeri ini. Tentunya masih ada banyak suvenir lain yang tidak kalah menarik dari 10 ide di atas. Kira-kira oleh-oleh khas apa yang paling menarik dari daerah Anda?

 

Semoga Bermanfaat :D

Penulis

foto SETO TRI WIBOWO
SETO TRI WIBOWO

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
manfaat dari daun pepaya
22 Januari 2018
Misteri 4 Benua Atlantis yang Hilang
22 Januari 2018

Komentar