Logo Eventkampus

10 Bahaya Makan Bakso Berlebihan Untuk Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
10 Bahaya Makan Bakso Berlebihan Untuk Kesehatan

Bakso merupakan makanan selingan yang digemari banyak kalangan masyarakat karena memiliki rasa yang nikmat, Mengenyangkan dan harga yang ramah di kantong. Namun senikmat apapun bakso yang anda konsumsi akan memiliki efek buruk jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya:

1. Janin gugur
Berhati hatilah para ibu hamil yang masa kehamilannya kurang dari 4 bulan jika ingin mengkonsumsi bakso. Makanlah secara moderat atau wajar dan tidak setiap hari secara teratur. Bahaya makan bakso berlebihan dan setiap hari sangat rentan menyebabkan kegagalan pembentukan organ tubuh janin yang biasanya berakhir dengan pendarahan atau kegiguran. Bahan pengawet seperti borak dan formalin dapat mengahncurkan janin muda karena bahan bahan berbahaya tersebut bersifat panas dan tajam .

2.Gangguan jaringan usus
Bahan pengawet pada bakso yang sengaja ditambahkan borak , Formalin dan pewarna buatan yang biasa dipakai untuk mewarnai kain atau kertas mampu mencederai jaringan usus , Menimbulkan iritasi atau luka dan akhirnya secara perlahan tetapi pasti menghambat fungsi usus. Bahaya makan bakso berlebihan mungkin tidak akan berdampak sedemikian buruknya terhadap usus jika pemakaian bahan pengawet berbahaya itu tidak ada.

3. Iritasi rongga mulut
Pemakaian MSG atau penyedap rasa yang terlalu banyak pada makanan bakso dapat mengakibatkan munculnya bahaya makan bakso berlebihan berupa adanya luka luka sekitar rongga mulut termasuk gusi dan sekitar bibir bagian dalam. Luka luka tersebut dapat menjadi pemicu munculnya sariawan yang perih dan nyeri.

4. Alergi kulit
Tidak menutup kemungkinan makan bakso berlebihan setiap hari dengan pemakaian bahan pengawet berbahaya yang sembarangan dan digabung dengan penggunaan pewarna buatan pada baksonya dapat menyebabkan munculnya bahaya makan bakso berlebihan yang tidak disadari banyak orang yaitu berupa alergi kulit terutama bagi seseorang yang memiliki sensitivitas terhadap formalin, Borak, Pewarna makanan dan juga MSG.Gejala yang muncul adalah gatal gatal, Ruam kemerahan, Terasa nyeri dan timbul iritasi yang dibarengi dengan pembengkakan akibat digaruk.

5. Darah tinggi
Didalam makanan bakso selalu menggunakan penyedap rasa berupa vetsin atau MSG dalam jumlah yang tinggi sehingga jika seseorang makan bakso secara berlebihan dan setiap hari maka tekanan darahnya akan meningkart dan beresiko terserang darah tinggi. Hal ini bukan hanya berlaku pada orang tua dan dewasa sajan tetapi bisa juga menyerang anak anak muda .

6. Kerusakan saraf otak
Bahan pengawet seperti borak jika tergabung dengan pemakaian MSG atau penyedap rasa yang berlebihan lama kelamaan akan mengganggu saraf otak sehingga dapat menurunkan kecerdasan dan memperlambat motoriok anak anak usia dini. bahaya makan bakso berlebihan terbukti dapat mengganggu fungsi otak terutama anak anak .

7. Gangguan lambung
Bahaya makan bakso berlebihan dengan pemakaian cuka dan sambal yang ketika dibuat dalam proses yang tidak higienis maka dapat menyebabkan gangguan lambung serius yang diawali sakit perut, Melilit, Muntah dan mual. Kondisi ini beresiko menyebabkan peningkatan asam lambung.

8. Diare
Bahaya makan bakso berlebihan yang bahan dasarnya terbuat dari bahan daging atau ikan yang tidak dicuci secara benar dan pemakaian air kaldunya yang tidak steril dan didukung dengan pemakaian bahan pengawet borak dalam jumlah tertentu. Keadaan daging busuk atau tidak bersih beresiko mengakibatkan munculnya bakteri penyebab sakit perut. Bakteri penyebab diare adalah jenis e-coli yang biasa berasal dari kotoran manusia dan hewan yang tanpa sengaja bercampur dengan air yang digunakan untuk mencuci dan membersihkan daging dan pada peralatan pembuatan bakso. Kondiosi ini dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang berakhir dengan mual, Mulas, Melilit dan mencret mencret atau diare. Kondisi seperti ini paling sering dialami anak anak dalam jangka waktu 30 menit sampai satu jam setelah mengkonsumsi bakso.

9. Gangguan jantung
Organ jantung memiliki arteri yang sangat sensitiv terhadap bahan pengawet berbahaya yang bersifat menggerus dan melukai dinding arteri seperti pemakaian borak yang ditambahkan penggunaan Msg berlebihan . Salah satu bahaya makan bakso berlebihan yang cukup mengerikan adalah terjadi gangguan jantung. Gangguan jantung yang muncul adalah gangguan ritme jantung yang tidak beraturan, Jantung berdebar dan turunnya tingkat kualitas fungsi jantung dalam memompa darah.

10.Kerusakan sel DNA
Salah satu bahaya makan bakso berlebihan yang banyak ditakuti orang adalah pemakaian borak yang berlebihan pada pembuatan bakso dikalangan anak anak selama berahun tahun karena beresiko merusak sel DNA dimana kondisi ini mempermudah terbentuknya sel yang abnormal . Sel yang tidak normal dapat menyebabkan munculnya kanker.

11.Merusak organ hati
Penggunaan bahan pengawet berbahaya jenis formalin dan borak dapat merusak organ hati berupa hilangnya kemampuan hati dalam mengendalikan racun dalam tubuh. Bahaya makan bakso berlebihan tersebut tidak ahanya berlaku pada usia dewasa saja tetapi bisa menyerang anak anak.

12. Merusak organ ginjal
Adanya bahan pengawet berbahaya jenis borak, Formalin dan pewarna buatan yang ada dalam bakso dalam jangka panjang mampu merusak fungsi ginjal dimana ginjal akan terus dipaksa bekerja keras untuk menyaring cairan tubuh yang telah terkontiminasi dengan bahan pengawet tersebut agar tetap bersih ketika menyebar keseluruh tubuh. Bahaya makan bakso berlebihan terhadap organ ginjal adalah bahwa ginjal akan mengalami kelemahan dan kehilangan kemampuannya dalam mengontrol keseimbangan tubuh yang akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

13.Kelainan pankreas
Mengkonsumsi bakso berlebihan tidak baik baik kestabilan organ pankreas yaitu sebuah organ penting yang ada didalam area atau struktur pencernaan yang bertanggung jawab mengatur, Memperbanyak dan mengontrol hormon tubuh serta enzim enzim yang tujuannya melumatkan makanan yang sedang diproses dijaringan perut. Jika bahan pengawet jenis borak, Fomalin dan Msg bergabung menjadi satu dalam takaran yang berlebihan dan dalam jangka panjang maka fungsi pankreas akan rusak. Hal ini menyebabkan terganggunya keseimbangan tubuh.

14.Hilangnya nafsu makan
Terlalu sering makan bakso akan menyebabkan ketagihan. Pemakaian Msg atau penyedap rasa secara berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan terhadap citarasa bakso dan tidak tertarik lagi pada makanan lain yang memiliki nutrisi tinggi seperti sayuran, Buah buaghn, Nasi, Roti dan lain lain. Kondisi ini menyebabkan seseorang jadi tidak nafsu makan, Terutamna sering menyerang pada anak anak yang jika dalam jangka panjang dapat menyebabkan masa pertumbuhan anak menjadi lambat karena kurang gizi.

15. Keracunan
Pada sebagian orang bahaya makan bakso berlebihan dapat berupa munculnya gejala keracunan yaitu perut mual, Terasa terbakar, Sakit kepala, Muntah muntah, Tekanan darah menurun , Kejang kejang dan mengalami penurunan kesadaran. Keracunan biasanya diakibatkan pemakaian bahan pengawet berbahaya yang ternyata tidak bisa diterima oleh organ tubuh tertentu yang terlalu sensitif atau peka terhadap benda asing

Semoga Bermanfaat :D

Penulis

foto SETO TRI WIBOWO
SETO TRI WIBOWO

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar