Logo Eventkampus

Fakta Unik Di Balik Warna !

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Fakta Unik Di Balik Warna !

Bisakah anda bayangkan jika di dunia ini tidak ada warna, yang ada hanya gelap, tidak ada sinar putih cahaya bulan, warna kuning cahaya lampu, dan sebagainya. Atau pernahkah anda berfikir bahwa warna itu mempunyai perspektif yang berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya.

Sebuah hasil penelitian menemukan jika warna itu akan memiliki sebuah perbedaan, misalnya warna merah bagi anda sebenarnya akan terlihat lain bagi orang-orang tertentu. Lalu benarkah kita melihat warna yang sama? Berikut fakta unik tentang warna:

Warna

Pernahkah anda berfikir bagaimana mata kita melihat sebuah warna, tentunya sebelum itu kita harus pahami apa yang dimaksud warna itu lalu seperti apa mata kita mampu melihat suatu warna yang berbeda dari satu warna ke warna lainnya. Dan benarkah kita melihat sebuah warna yang sama.

Seperti yang dilansir oleh Vsauce, warna pada dasarnya adalah bukan sebuah material yang nyata yang terdapat diluar diri manusia serta terbentuk pada unsur-unsur material senyawa tertentu melainkan telah ada dan telah terperinci di dalam otak manusia masing-masing mengenai unsur warna tersebut. Secara mekanisme otak manusia akan mendefinisikan lalu menjabarkan frekuensi dari gelombang cahaya yang tertangkap mata kita (390 nm – 700 nm) dan menyatukan perspektif tersebut menjadi sebuah warna yang pemahaman serta gambaran tentang merah, kuning, hijau, biru dan warna lainnya itu telah tersimpan di dalam otak kita.

Bagaimana dengan Buta Warna

Bagaimana fakta unik tentang warna itu mampu terjadi bagi orang-orang yang mengalami buta warna. Orang yang mengalami buta warna biasanya akan menterjemahkan keterbatasan suatu warna dengan mengadopsinya dengan memasukkan warna yang lain. Dan satu warna itu berbeda bagi yang lain rupanya juga berlaku bagi orang yang buta warna.

 

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

MALIMPA UMS gelar Seminar Nasional Lingkungan Hidup
28 November 2017
Ketiga Kalinya dalam 4 Dekade, Salju Turun di Gurun Sahara
12 Januari 2018
Inilah El Gordo, Galaksi Terbesar, Terpanas, dan Paling Terang
19 Januari 2018
3 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa,Apakah Anda salah satunya ?
19 Januari 2018
Falsafah Kopi Wong Jowo
22 Januari 2018
PANIK! APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN(?)
22 Januari 2018

Komentar