CARA MENGHILANGKAN STRESS

access_time | label Tips & Trik
CARA MENGHILANGKAN STRESS

CARA AMPUH MENGILANGKAN STRES

Stres merupakan suatu kondisi yang melibatkan beban rohani seseorang ketika berhadapan dengan berbagai persoalan hidup. Dengan datangnya beban rohani ini, orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala sesuatunya agar seimbang. Karena stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, maka setiap orang mulai dari yang dewasa, remaja, hingga anak-anakpun pasti akan mengalaminya.

Proses Terjadinya Stress

Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya.

Penyebab Stress

Ketika tubuh mendapatkan energi untuk menghadapi suatu persoalan, sebenarnya keadaan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Namun pada zaman sekarang, tekanan hidup banyak berdatangan dari berbagai aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Sehingga, stres secara terus-menerus bisa saja terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya seseorang akan sulit berpikir jernih, hingga akan menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup, dan kesehatan orang tersebut akan mengalami kesulitan pula. Oleh karena itu, mengetahui cara menangani stres adalah hal penting, agar tubuh selalu memberikan respon yang baik pada banyak situasi yang datang. Adapun cara mengatasi stres adalah sebagai berikut:

3 CARA MENGHILANGKAN STRES

1.RELAKSASI DENGAN AROMA TERAPI

Lelah dan stres setelah seharian beraktivitas? Saatnya merelaksasikan otot dan pikiran yang tegang dengan bantuan aromaterapi. Aromaterapi yang berasal dari minyak lavender yang terbukti secara ilmiah mampu mengurangi frekuensi detak jantung dan tekanan darah sehingga tubuh dapat lebih relaks.

Hasil penelitian yang dipublikasikan sleepfoundation.org membuktikan bahwa orang yang menghirup aroma lavender sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik. Penelitian tersebut memaparkan lebih lanjut bahwa aroma yang dihirup seseorang sebelum tidur dapat berpengaruh langsung pada mimpi mereka. Jadi, para peneliti menganjurkan Anda untuk menjaga kebersihan kamar dan gunakan pelembut kain dengan wewangian lembut.

2.JANGAN PENDAM BEBAN PIKIRAN

Cara menghilangkan stres paling mudah adalah dengan mencurahkan unek-unek pada orang terdekat yang Anda percaya. Teknik satu ini memang terkesan sepele, tapi faktanya masih banyak orang yang enggan mencurahkan isi pikirannya karena takut akan penilaian orang dan label yang disematkan pada dirinya.

American Psychological Association menyarankan penderita stres untuk mencurahkan isi hati dan beban pikirannya pada orang-orang terdekat atau terapis. Hal tersebut dapat melepaskan hormon endorfin, hormon yang memproduksi perasaan tenang sekaligus berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

3.BUAT TUBUH BERGERAK

nilah cara mengatasi stress yang menjanjikan “bonus” lain. Anda disarankan untuk menggerakkan tubuh jika tengah merasakan tekanan hidup. Anda bisa sekadar berjalan-jalan atau menari. Bisa juga melakukan olahraga kegemaran atau segera menuju gym favorit untuk exercise.

Tidak perlu lama, dalam lima menit pun efeknya sudah terasa. Stress bisa dikurangi. Pasalnya, bergerak terutama dengan melakukan olahraga akan membuat tubuh melepaskan hormon endhorphins. Ini adalah hormon yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, bergerak menjanjikan “bonus” berupa kesehatan. Dengan gerak tubuh yang aktif, aliran darah akan menjadi lancar. Ini akan berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera gerakkan tubuh dengan cara apa pun supaya stress Anda hilang. Mudah sekali bukan?

 

 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Share

Komentar