10 MINUMAN TERPOPULER DI BALI

access_time | label Berita
10 MINUMAN TERPOPULER DI BALI

10 MINUMAN TERPOPULER DI BALI

1. Arak Bali -Arak Bali adalah minuman keras khas Bali yang merupakan hasil fermentasi dan mengandung alkohol. Secara kualitas, Arak Bali tidak kalah dengan minuman keras produksi dari luar seperti anggur atau wine.Arak Bali terbuat dari tuak kelapa dengan cara penyulingan. Umumnya Arak Bali disajikan sebagai sajian upacara.

2. Kopi Bali -Kalau dilihat secara sekilas, kopi Bali sama seperti kopi pada umumnya yang dijual dipasaran, tapi yang membedakannya yaitu proses pembuatannya yang dilakukan masih tradisional dengan mengunakan kayu bakar.Kopi Bali adalah produk kopi olahan rumahan yang memiliki aroma khas. Kalau kamu pencinta kopi, kamu harus mencoba mencicipi kopi khas bali ini.

3. Es Bir -Kalau mendengar namanya, mungkin kamu berpikir ini adalah minuman yang memabukan, kamu salah besar! Ternyata Es Bir adalah salah satu minuman khas Bali yang berupa campuran antara kelapa muda dan perasan jeruk nipis. Minuman ini sangat segar dan cocok diminum saat siang hari yang panas.

4. Es Kelapa Kopyor -Pernah mendengar jenis kelapa kopyor? Kelapa ini bisa dikatakan unik jika dibandingkan dengan jenis kelapa pada umumnya, sebab daging kelapa ini tetap lembut walaupun sudah tua. Nah Es Kelapa Kopyor adalah campuran dari Kelapa Kopyor, sirup, agar-agar, dan es.

5. Tambring -Minuman khas Bali selanjutnya adalah Tambring. Minuman ini hampir sama dengan Es Kelapa Kopyor, yang membedakan hanyalah kelapa yang digunakan hanya kelapa muda biasa. Minuman ini berupa serutan kelapa muda yang dicampur dengan asam jawa dan putih telur.

6. Loloh -Loloh, kalau diartikan dalam bahasa Bali berarti “jamu”, tapi Loloh berbeda dengan jamu pada umumnya, dimana minuman khas Bali ini memiliki rasa pedas, manis, asem dan asin dicampur menjadi satu.Terkadang minuman ini disebut Loloh Cemcem karena mengandung daun Cemcem. Minuman ini dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan percernaan, serta baik juga untuk ibu menyusui.

7. Brem -Brem adalah salah satu minuman khas Bali yang cukup terkenal, dan minuman ini sering disajikan saat acara-acara tertentu saja. Minuman ini terbuat dari ketan merah yang difermentasi bersama ragi tafe. Jadi Brem adalah minuman khas Bali yang mengandung alkohol.

8. Es Daluman -Daluman adalah minuman khas Bali yang hampir mirip cincau, dalam proses pembuatannya pun hampir sama dengan pembuatan cincau. Es Daluman dibuat dari cincau yang dicampur dengan gula merah (sirup merah), santan, kemudian dikasih es batu tentunya.

9. Tuak -Untuk mereka yang suka dengan minuman beralkohol pasti kenal dengan minuman keras khas Indonesia ini. di Bali pun ada minuman yang sering disebut dengan nama “Tuak” ini, tapi Tuak Bali lumayan dikenal dikalangan para wisatawan manca negara. Minuman ini dibuat dari fermentasi beras, nira, atau buah yang mengandung gula lainnya.

10. Teh Jahe -Sesuai dengan namanya, Teh Jahe merupakan minuman teh yang dicampur dengan Jahe. Sedangkan rasanya yaitu antara Jahe dan Teh, tapi minuman ini sangat menyegarkan. Kalau kamu berkunjung ke Bali, kemudian disuguhi teh, tapi rasanya agak beda, kemungkinan itu adalah Teh Jahe.

Nah, itulah beberapa minuman khas Bali. Kalau berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi salah satu minuman ini ya.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra

Share

Komentar