Logo Eventkampus

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

 

1. Mengobati rematik

Daun kelor bermanfaat mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat di sendi. Selain itu, daun kelor juga bermanfaat untuk mengatasi pegal linu, nyeri, dan sebagainya.

2. Mengatasi alergi

Ternyata manfaat daun kelor juga mampu mengatasi alergi. Caranya dengan merebus tiga gagang daun kelor, kemudian ditambahkan pulasari secukupnya, satu siung bawah, dan 3 gelas air, lalu rebus sampai mendidih dan tersisa dua gelas, saring dan minum setiap hari dengan rutin.

3. Mengobati cacingan

Tidak perlu khawatir ketika anak anda mengalami cacingan, karena anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk menyembuhkannya. Caranya dengan siapkan 3 gagang daun kelor, 1-2 batang mineran, 1 gagang daun cabai, dan rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan diminum.

4. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Tati Winarto (seorang pakar herbal) mengemukakan bahwa salah satu manfaat daun kelor yaitu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kadar darah. Karena daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile, serta glikosida minyak mustard yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sifat anti inflamasi di dalam daun kelor mampu mencegah dan mengobati sakit maag, keluhan pencernaan, infeksi, dan kerusakan ginjal.

Penggunaan umum minyak kelor dapat membantu meningkatkan fungsi hati, karena manfaat detoksifikasi racun dan zat berbahaya di tubuh. Sehingga memungkinkan bisa mengatasi penyakit sembelit, diare, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih.

MANFAAT BAGI KECANTIKAN

1. Menjaga berat badan

Penelitian oleh para ahli menemukan fakta bahwa teh daun kelor membantu menangani masalah pencernaan sehingga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Teh tersebut mengandung polyphenol yang tinggi sebagai antioksidan. Sehingga racun didalam tubuh terdetoksifikasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan kulit

Apabila rajin dikonsumsi, vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam daun kelor mempunyai manfaat menghaluskan kulit dan mencegah adanya jerawat.

3. Menguatkan dan Melembabkan Rambut

Nutrisi di teh daun kelor bermanfaat menguatkan serta melebatkan rambut. Sehingga rambut menjadi lebih kuat, mengkilap, dan pastinya menjadi sehat.

4. Menghilangkan flek wajah

Di beberapa negara, ekstrak kelor telah digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Karena daun kelor mengandung nutrisi seperti besi, tembaga, seng, silika, mangan, dan magnesium. Maka kelor dapat menjadi pelembab alami.

Sekaligus berfungsi mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Lebih dari 30 zat antioksidan di dalam kelor bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Caranya dengan mengambil beberapa daun kelor yang masih muda, lalu tumbuk sampai super halus dan gunakan sebagai bedak.

5. Menghambat efek penuaan

Telah dilakukan studi bahwa suplementasi dengan daun kelor dan bayam menimbulkan peningkatan yang cukup signifikan terhadap senyawa antioksidan, yang berperan penting memperlambat efek penuaan.

Penulis

foto Putriyah safaah
Putriyah safaah
SMK N MATESIH

Artikel Terkait

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus Dengan Cepat dan Mudah
10 Agustus 2018
Bahaya Konsumsi Durian Berlebihan
17 Januari 2020
Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan
27 Januari 2020
Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh
17 Februari 2020
Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan
06 Maret 2020

Komentar