Logo Eventkampus

Fakultas Biologi UGM Sosialisasikan Pengembangan Benih Unggul Semangka Orange

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Fakultas Biologi UGM Sosialisasikan Pengembangan Benih Unggul Semangka Orange

Fakultas Biologi UGM memperkenalkan teknologi tepat guna kastrasi polinasi semangka orange pada warga Desa Depokrejo, Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah.

“Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat bagaimana mengembangkan benih unggul semangka orange,” kata Drs. Heri Sujadmiko, M.Si, selaku ketua pelaksana hibah teknologi tepat guna (TTG) semangka orange 2018 baru-baru ini.

Sosialisasi dilaksanakan pada Minggu (15/7) lalu dan dihadiri sebanyak 20 orang yang terdiri dari masyarakat umum maupun perangkat desa.

Heri menyebutkan Desa Depokrejo merupakan salah satu daerah potensial untuk budidaya buah semangka merah dan kuning. Melalui inovasi pengembangan semangka orange dengan teknik kastrasi polinasi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya Desa Depokrejo sebagai sentra semangka orange terbesar di Indonesia.

“Harapannya nanti bisa menunjang perekonomian masyarakat desa,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi teknologi tepat guna ini mendapatkan respons yang cukup positif dari warga masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme warga dalam mengikuti sosialisasi.

 “Mereka tidak sabar untuk melaksanakan pelatihan praktik langsung di lapangan nanti," ujarnya.

Program sosialisasi ini tidak hanya memperkenalkan teknik kastrasi polinasi semangka orange saja. Dalam kegiatan ini juga turut diperkenalkan cara perawatan lahan secara berkelanjutan dengan metode penggunaan pupuk organik cair yang disampaikan oleh Dwi Umi Siswanti, S.Si, M.Sc.

Selain itu, juga disampaikan materi mengenai “One Village One Product” oleh Dekan Fakultas Biologi, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. Materi ini disampaikan guna memotivasi masyarakat desa dalam mengembangkan desa sentra semangka orange. (Humas UGM/Ika)

 

Penulis

foto Azka
Azka
SMK N 1 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan
06 Juni 2017
Mahasiswa IPB Manfaatkan Omega-3 pada Mata Ikan Tuna
06 Juni 2017
Gubernur Kaltim Dukung Ekspedisi IMAPA Unmul
08 Juni 2017
UI Satu-Satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang Masuk 300 Besar Dunia
08 Juni 2017
Mahasiswa ITB Akan Kembali Wakili Indonesia dalam Ajang GIS Terbesar di Dunia
12 Juni 2017

Komentar