Logo Eventkampus

Fakultas Biologi UGM Sosialisasikan Pengembangan Benih Unggul Semangka Orange

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Fakultas Biologi UGM Sosialisasikan Pengembangan Benih Unggul Semangka Orange

Fakultas Biologi UGM memperkenalkan teknologi tepat guna kastrasi polinasi semangka orange pada warga Desa Depokrejo, Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah.

“Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat bagaimana mengembangkan benih unggul semangka orange,” kata Drs. Heri Sujadmiko, M.Si, selaku ketua pelaksana hibah teknologi tepat guna (TTG) semangka orange 2018 baru-baru ini.

Sosialisasi dilaksanakan pada Minggu (15/7) lalu dan dihadiri sebanyak 20 orang yang terdiri dari masyarakat umum maupun perangkat desa.

Heri menyebutkan Desa Depokrejo merupakan salah satu daerah potensial untuk budidaya buah semangka merah dan kuning. Melalui inovasi pengembangan semangka orange dengan teknik kastrasi polinasi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya Desa Depokrejo sebagai sentra semangka orange terbesar di Indonesia.

“Harapannya nanti bisa menunjang perekonomian masyarakat desa,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi teknologi tepat guna ini mendapatkan respons yang cukup positif dari warga masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme warga dalam mengikuti sosialisasi.

 “Mereka tidak sabar untuk melaksanakan pelatihan praktik langsung di lapangan nanti," ujarnya.

Program sosialisasi ini tidak hanya memperkenalkan teknik kastrasi polinasi semangka orange saja. Dalam kegiatan ini juga turut diperkenalkan cara perawatan lahan secara berkelanjutan dengan metode penggunaan pupuk organik cair yang disampaikan oleh Dwi Umi Siswanti, S.Si, M.Sc.

Selain itu, juga disampaikan materi mengenai “One Village One Product” oleh Dekan Fakultas Biologi, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. Materi ini disampaikan guna memotivasi masyarakat desa dalam mengembangkan desa sentra semangka orange. (Humas UGM/Ika)

 

Penulis

foto Azka
Azka
SMK N 1 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Akan Jalani Misi Budaya, Liga Tari UI Gelar Panggung Krida Budaya 2017
05 Juni 2017
Mahasiswa UGM Raih Penghargaan UNESCO Bidang Perubahan Iklim
05 Juni 2017
Mahasiswa Fasilkom UI Ciptakan Aplikasi Game Quran
07 Juni 2017
[Unpad] Safari Ramadan, Rektor Sosialisasikan Koperasi Kosumen, Unit Zakat, dan Sistem Sinta
09 Juni 2017
ITB Semakin Kukuhkan Diri Sebagai Entrepreneur University
10 Juni 2017
Robot Pengecat Tembok Luar Gedung Bertingkat Karya Mahasiswa UGM
16 Juni 2017

Komentar