Logo Eventkampus

Manfaat wortel untuk mencegah penyakit

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat wortel untuk mencegah penyakit

 

Dengan mata yang sudah cukup sehat tentu kalian sudah makan wortel, di samping wortel yang menyehatkan mata. Wortel juga menyehatkan dan mencegah  beberapa penyakit yang berbayaBerikut adalah berbagai manfaat wortel bagi tubuh dalam mencegah beberapa penyakit dan menjaga kesehatan organ tubuh.

1. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi lebih banyak wortel oranye dan sayuran lainnya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner sebesar 32 persen. Selain itu, konsumsi wortel bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung pada wanita. Ini karena wortel dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Berbagai jenis penyakit kanker

Mengonsumsi wortel secara rutin dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Kandungan karotenoid dan beta karoten yang  tinggi mencegah terjadinya semua penyakit tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang mengonsumsi wortel lebih dari satu buah dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru.

3. Merawat mata

Vitamin A, beta karoten, dan lutein pada wortel dapat mencegah mata dari gangguan atau penyakit, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme dan hipermetropi).

4. Menjaga kesehatan otak

Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

5. Antiradang

Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

6. Antipenuaan dan kesehatan kulit

Antoksidan, karotenoid, serta polifenol pada wortel oranye dan ungu membantu memperlambat penuaan dengan mengurangi radikal bebas dari sinar matahari dan polusi pada tubuh.

7. Menjaga kesehatan mulut

Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

Buah yang dirajang mirim dengan bola mata ini memang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama pada mata karena yang mengandung banyak vitamin C ini.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

TANAMAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGOBATI PENYAKIT JANTUNG SECARA ALAMI
11 Juli 2018

Komentar