Logo Eventkampus

Alasan Mengenai Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Alasan Mengenai Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Dari sekian banyak bahasa di dunia, di negara Indonesia hanya mewajibkan bahasa inggris untuk terus dikembangkan diluar dari bahasa Indonesia itu sendiri. Hal itu dikarenakan bahasa Inggris merupakanbahasa internasional. Tetapi, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih acuh tak acuh dalam mempelajarinya. Padahal dalam segi keuntungan, akan banyak sekali keuntungan yang kita peroleh setelah belajar bahasa Inggris. Tak hanya ilmu, tetapi juga akan mengantarkanmu untuk keliling dunia.

Mereka yang fasih berbahasa Inggris baik tulisan maupun lisan tidak akan tersesat di dunia yang serba digital ini. Semakin hari, tak hanya teknologi yang semakin maju, bahasa pun demikian. Bahkan melamar pekerjaanpun kadang dipertanyakan bahasa yang diketahui selain bahasa Indonesia. Meski bukan sebagai kewajiban, tetapi apa salahnya mengetahui bahasa Inggris. Berikut alasan kenapa kita harus belajar bahasa Inggris.

1. Peluang mendapatkan pekerjaan

Indonesia saat ini memiliki tinggat pengangguran sangat tinggi. Tak dapat dipungkiri, salah satu penyebab pengangguran semakin merajalela  selain pendidikan dan SDM adalah kemauan belajar yang rendah. Kebanyakan orang hanya cenderung mempelajari apa yang sudah diketahui dan tidak ingin mengembangkan diri dengan belajar hal baru, terutama bahasa. Saat ini, untuk mendapatkan gaji yang tinggi butuh deskripsi biodata yang lengkap. Memiliki keahlian khusus atau kelebihan adalah mereka yang banyak dicari oleh perusahan atau instansi.

2. Kuliah di luar negeri

Salah satu syarat wajib yang harus dikuasai jika ingin melanjutkan studi terutama di luar negeri adalah bahasa Inggris. Tak dapat dipungkiri, tak hanya lanjut studi di luar negeri tetapi kemampuan bahasa Inggris juga telah menjadi syarat wajib bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di  dalam negeri.

Tak hanya dibuktikan dengan kemampuan atau keterampilan langsung, tetapi perlu adanya bukti berupa tes TOEFL ataupun IELTS. Hal itu akan menjadi nilai tambah dan bukti keahlian seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris. Misalnya saja melalui jalur LPDP yang disediakan oleh pemerintah Indonesia.

3. Mudah memahami teknologi

Saat ini, hampir semua teknologi mulai dari gadget, komputer, sampai dengan kemasan makanan telah banyak menggunakan bahasa Inggris. Meskipun dapat diubah menjadi Bahasa Indonesia, tetapi penggunaan bahasa Inggris justru akan memudahkan. Bukan bermaksud meremehkan bahasa sendiri, tetapi saat ini tidak dipungkiri beberapa teknologi menggunakan bahasa Inggris untuk memberikan informasi.

Perkembangan bahasa juga semakin hari semakin maju. Mulai dari anak usia 2 tahun sampai remaja mulai mempelajarinya sejak dini. Sekolah swasta pun telah banyak yang menerapkan bahasa inggris saat jam sekolah berlangsung. Bahkan, di televisi maupun di media sosial telah banyak terunggah video-video lucu anak umur 2 tahun yang fasih berbicara dalam bahasa inggris.

Dengan memahami teknologi sedini mungkin, kita tidak akan ketinggalan zaman, justru ilmu pengetahuan akan semakin meningkat dan semakin luas, apalagi jangkauan internet pun semakin luas dan tidak ada batasan. Dengan menguasai bahasa, maka kita bisa berinteraksi dengan siapa saja, kapan saja, dan dimna saja, terutama di dunia glogal.

4. Aman berinteraksi

Semua orang memiliki cita-cita untuk menginjakkan kaki i luar negeri. Entah itu liburan, kerjaan ataupun sekolah. Dunia luar, orang asing lebih cenderung menguasai bahas anggris. Jika anda memiliki kemampuan berbahasa inggris, di negara manapun anda tidak akan tersesat. Karena bahasa internasional adalaha bahasa inggris jadi tidak dapat dipungkiri semua orang memahaminya.

Peluang memperoleh teman orang luar negeri pun sangat besar. Karena dengan menguasai bahasa inggris, anda akan mudah akrab dengan banyak bersosialisasi. Berbeda apabila anda kurang dalam percakapan bahasa inggris, anda akan merasa was wasa, takut salah dan kahirnya membisu. Itulah sebabnya bahasa inggris sangat penting bagi anda kaum modern saat ini.

5. Memudahkan dalam menonton film internasional

Kamu penikmat film barat? Terkadang, kita harus menonton film tersebut dengan menggunakan subtitle karena memang pada kenyataannya, film yang berkualitas dan beredar secara internasional adalah film yang berbahasa Inggris. Walaupun ada film Jepang, Korea, Thailand, Arab, India dan film negara lain yang berkualitas dan beredar secara internasional, bisa dipastikan bahasa Inggrislah yang menjadi subtitle utama pada film itu.

Maka dari itu, belajar bahasa Inggris juga memudahkan kita dalam menikmati film internasional yang telah beredar. Semakin kita mahir menggunakan bahasa Inggris, maka semakin paham dengan pesan yang terkandung dalam sebuah film, tanpa bolak-balik bingung dan berpikir apa arti dari film tersebut

 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar