Logo Eventkampus

Polusi Udara Bertanggung Jawab Atas Penurunan Kecerdasan Manusia.

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Polusi Udara Bertanggung Jawab Atas Penurunan Kecerdasan Manusia.

Selain berisiko buruk bagi kesehatan fisik, polusi udara juga disebut bertanggung jawab atas penurunan tajam kecerdasan manusia.

Paparan kronis terhadap materi partikulat udara diketahui memicu penurunan signifikan dalam skor tes untuk bahasa dan aritmatika.

Dikutip dari Independent.co.uk pada Selasa (28/82018), temuan tersebut terungkap dalam sebuah studi ilmiah terbaru yang dilakukan di China, namun menggunakan lebih dari 91 responden dari berbagai penjuru dunia.

Studi yang diterbitkan oleh jurnal Proceedings of National Academy of Sciences itu berlangsung selama empat tahun, di mana menganalisis tes verbal dan aritmatika yang ditujukan kepada 20.000 orang dari segala usia.

Hasilnya menunjukkan paparan yang terlalu lama terhadap udara kotor, tampaknya menyebabkan degradasi kognisi yang memburuk seiring dengan bertambahnya usia.

Polusi udara juga meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan bentuk lain demensia, menurut penelitian tersebut.

Efek gabungan dari polusi udara ambien dan rumah tangga menyebabkan sekitar tujuh juta kematian dini di seantero Bumi setiap tahunnya.

WHO memperkirakan hal tersebut berasal dari penurunan daya tahan tubuh terhadap risiko stroke, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru dan infeksi saluran pernapasan akut.
 

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar