Logo Eventkampus

7 Posisi Duduk yang Benar Ketika Sedang Menggunakan Komputer

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
7 Posisi Duduk yang Benar Ketika Sedang Menggunakan Komputer

Cara Duduk Di Depan Komputer dengan Baik dan Benar

1. Duduk dengan Tegak

Usahakan untuk duduk dengan menempatkan pinggang kamu di bagian belakang kursi. Jaga paha untuk tetap lurus atau lebih rendah dari pinggang, dan buat punggung dalam posisi menyender dan membentuk sudut 100 derajat.

2. Duduklah Dekat dengan Keyboard

Selain badan dekat dengan keyboard, usahakan untuk selalu menempatkan keyboard tepat di depan badan, bukan menyamping.

3. Atur Posisi Keyboard Senyaman Mungkin

Yakinkan bahwa posisi pundak kamu dalam keadaan rileks dan sikut tidak terbatas oleh sesuatu. Sikut harus dalam posisi terbuka dengan pergelangan tangan yang lurus.

4. Atur Kemiringan Dari Keyboard

Gunakan kaki keyboard untuk mengatur kemiringannya. Itu bergantung kepada posisi duduk yang kamu implementasikan. Jika posisi duduk kamu tinggi, maka buat keyboard dalam keadaan rata atau menjauh dari pergelangan tangan. Sebaliknya, buat keyboard miring ke depan bagi kamu yang duduknya rendah atau sejajar.

5. Gunakan Palm Rest

Demi menjaga pergelangan tangan agar tidak cepat lelah dan sakit, maka keyboard yang dilengkapi dengan Palm Rest ialah pilihan yang tepat. Palm Rest ialah sebuah gundukan yang berada di depan keyboard untuk menjaga posisi pergelangan agar tetap baik.

6. Posisikan Monitor Secara Tepat

Atur monitor dalam posisi yang tepat sehingga leher kamu nyaman. Atur monitor sehingga tepat berada di depan muka sehingga leher tidak harus menyokong kepala terlalu berlebihan.

7. Ketika Mengetik, Taruh Sumber Ketikan Di Depan dan Sejajar dengan Monitor

Ketika kamu mengetik dan menggunakan media cetak sebagai sumber, upayakan untuk menaruh buku atau kertas tersebut tepat di bawah layar. Hal ini sangat membantu untuk meminimalisasi pergerakan tubuh, terutama leher ketika bekerja.

Beres deh. Kini kamu tidak perlu takut lagi dengan ancaman sakit punggung, leher, hingga lengan ketika menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama.

Ingat kesehatan adalah nomor satu loh sahabat event kampus!!! jadi terapkan ya?...!!

Penulis

foto Alamsyah
Alamsyah
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar