Logo Eventkampus

5 Tips Belanja Online yang Aman Menggunakan Kartu Kredit

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Tips Belanja Online yang Aman Menggunakan Kartu Kredit

Banyak orang memilih untuk menggunakan kartu kredit dengan alasan untuk mempermudah transaksi pembelian mereka tanpa membuat kondisi keuangan terganggu. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan kartu kredit ini di mana saja dan kapan saja. Namun, bagaimanapun juga penggunaan kartu kredit ini juga bisa menjadi tidak aman, terutama di internet saat banyak orang melakukan online shopping dan memilih kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Maka dari itu, agar momen belanja online tetap aman dan nyaman, para pengguna kartu kredit harus memperhatikan beberapa panduannya berikut ini.

1. Gunakan kartu kredit hanya untuk belanja di situs terpercaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih situs belanja online yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang bagus. Hindari untuk meng-klik link yang kamu dapatkan melalui email, karena bisa saja link ini justru akan mengarahkanmu pada situs web palsu dengan tujuan utama untuk mencuri informasi seputar kartu kredit yang kamu miliki. Daripada begini, lebih baik langsung tuliskan saja alamat website situ belanja tertentu dalam address bar. Atau bisa juga dengan membuka ShopBack.com, di mana kamu bisa memilih lebih dari 160 e-commerce favorit yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, fashion items, hingga barang elektronik.

2. Jangan gunakan di komputer umum

Berikutnya adalah usahakan untuk selalu berbelanja online menggunakan laptop atau komputer pribadi di rumah dan tidak menggunakan komputer di warnet atau tempat umum lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi informasi kartu kredit dan akun belanjamu. Atau, bisa juga dengan melakukan online shopping melalui aplikasi yang kamu unduh di smartphone.

3. Lindungi laptop atau komputer dari virus dan hacker

Ingatlah untuk selalu memperbarui anti-virus di laptop atau komputer pribadimu. Hal ini dilakukan untuk mencegah para hacker untuk meretas dan mengarahkanmu ke situs web palsu dan mencuri informasi pribadimu. Pilihlah software anti-virus terpercaya, jangan tergoda dengan iklan yang biasanya muncul di website tertentu. Mintalah rekomendasi dari teman, keluarga, atau orang yang memang paham betul dengan hal seperti ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Cek review situs belanjanya

Meneliti rekam jejak situs belanja online dengan pihak bank yang sudah pernah bekerja sama juga hal yang sangat penting untuk menghindari tercurinya informasi kartu kreditmu. Hal ini harus kamu lakukan, apalagi saat ingin belanja di situs belanja online yang belum terlalu familiar.

5. Cetak tagihan kartu kredit secara rutin

Meski banyak orang mengaku malas, namun ternyata mencetak tagihan kartu kredit secara rutin adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dapat membantu kita untuk melihat pengeluaran apa saja yang sudah pernah dilakukan. Selain itu, dari tagihan ini kamu juga bisa melihat apakah ada tagihan aneh yang tiba-tiba muncul padahal kamu tidak pernah melakukan transaksi tersebut.

Cerdas dan hati-hati adalah bekal penting yang harus kamu miliki sebelum memutuskan untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran berbagai transaksi pembelian yang kamu lakukan. Usahakan juga untuk selalu tepat waktu saat membayar tagihannya. Jangan sampai kamu justru dibuat rugi karena penggunaan kartu kredit, ya!

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar