Logo Eventkampus

Beberapa Kesalahan Orang Tua dalam Menjaga dan Merawat Anak

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Beberapa Kesalahan Orang Tua dalam Menjaga dan Merawat Anak

Banyak dari anda sebagai orang tua tidak mengerti bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan atau dikatakan saat mendidik anak. Terkadang anda kurang adil terhadap anak dalam mendidiknya, mungkin anda bertanya-tanya “apa yang salah”?

  • Tidak Memberikan Sisa Waktu dan Tenaga

Manakala anda pulang dari kantor di senja menjelang malam hari, dengan badan dan pikiran yang letih, mungkin kebanyakan dari anda akan menginginkan saat tiba dirumah adalah rehat. Bahkan ada dari anda yang membawa pekerjaan kantor untuk dikerjakan dirumah. Dengan situasi seperti diatas akan membuat anda kurang memberikan waktu kepada anak untuk bermain atau belajar, bahkan ada dari anda yang menolak ajakan buah hati untuk bermain dan menyuruh agar bermain dengan pengasuhnya. Jelas ini tidak adil buat anak, karena anak ingin bermanja dengan anda setelah seharian anda tinggal bekerja. Jelas buah hati tidak akan memahami bahwa bekerja dan mencari uang itu melelahkan, karena memang belum waktunya dia tahu. Itu adalah salah satu kesalahan orang tua dalam menjaga dan merawat anak.

 

  • Mengungkit-ungkit Jasa

Kesalahan orang tua dalam merawat dan menjaga anak selanjunya adalah dengan mengungkit-ungkit jasa anda terhadap anak. Misal saja anda bilang begini “papa kan capek kerja cari uang untuk kamu, atau mama kan susah-susah masak, kok nggak di makan?”. Itu adalah cara yang keliru, karena sejatinya anak tidak meminta untuk dilahrirkan, merawat dan menjaga anak adalah sudah menjadi kewajiban orang tua terhadap anak. Coba anda bayangkan jika ada pengasuh yang bilang begini “saya kan sudah menjaga, menyuapin, memandikan sewaktu orangtuamu ada di kantor”. Bukankan itu sudah menjadi tugas dan kewajiban seorang pengsuh? Mereka memang dibayar untuk melakukan itu. sama dengan anda yang diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk menjaga dan merawat serta membesarkan sang buah hati. Jadi akan tidak pantas jika anda mengungkit-ungkit segala kebaikan yang anda berikan terhadap anak.

 

  • Memberi Label yang Buruk

Seringkali para orang tua tidak sadari, bahwa sebuah kekeliruan memberikan label buruk seperti anak malas, anak bodoh, anak yang tidak tahu aturan, dll. Kalau diumpamakan pikiran anak-anak sebagai hardware sebuah perangkat komputer, kata-kata ataupun label buruk yang acapkali mereka dengar tidak ubahnya software komputer yang terinstall dalam pikiran mereka. anak-anak tidak akan memfilter apakah yang mereka dengar itu baik atau buruk, sehingga semua kata-kata yang ditujukan pada mereka akan tertancap begitu saja dalam otak mereka. Tidak heran jika kemudian mereka akan menjalani hidup dengan berfikir bahwa “aku memang bodoh, aku memang pemalas, atau aku memang tidak bisa diatur”.

 

  • Membanding-bandingkan

Kesalahan orang tua dalam menjaga dan merawat buah hati yang terakhi adalah membading-bandingkan anak dengan orang lain.  Misal saja “kok adik tidak rajin belajar seperti kakak? Atau kok si anu lebih pintar mewarnai daripada adik?”, itu jelas tidak adil buat anak anda. Anda sebagai orang tua-pun tidak akan pernah senang jika selalu dibanding-bandingkan bukan?. Nah jika anda sendiri tidak senang jika dibanding-bandingkan, maka seharusnya anda sadar bahwa anak juga tidak senang dibading-bandingkan dengan orang lain.

 

Tanpa anda sadari bahwa hal yang anggap sepele akan berdampak sangat buruk terhadap buah hati anda, untuk itu bersikaplah bijak terhadap anak anda.

 

Itulah kesalahan orang tua dalam menjaga dan merawat anak yang perlu anda pahami, semoga ada manfaat bagi anda semua.

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar