jika ngalamin 10 tanda ini, artinya kamu salah jurusan kuliah

access_time | label Lainnya
jika ngalamin 10 tanda ini, artinya kamu salah jurusan kuliah

buat kamu untuk tahu gejala atau tanda-tanda kamu telah salah memilih jurusan, dan buat yang sedang dalam proses untuk memilih biar tahu dan jangan salah pilih. Apa aja? Yuk simak di bawah ini, 

1. Paling males untuk berangkat kuliah.

Bangun pagi untuk berangkat ke kampus adalah salah satu hal yang paling menyiksa buat kamu. Rasanya kamu enggan untuk berangkat karena tidak ada semangat untuk menerima pelajaran. Jika sudah parah, ini akan mendorongmu buat titip absen hadir saking malasnya.

2. Ngerjain tugas ditunda mulu.

Karena sudah tidak sesuai dengan passion-mu, kamu jadi suka menunda tugas, dan bisa menjadi orang yang paling terakhir tahu tentang tugasmu. Hal inilah yang bisa menimbulkan kamu sering mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam alias SKS.

3. Ke kampus cuma pengen ketemu temen.

Berkuliah untuk mendapatkan ilmu bukan lagi menjadi tujuan utamamu. Kamu cenderung merasa ingin ke kampus karena ingin bertemu dan sekedar ngobrol dengan teman-temanmu sambil Wi-Fi-an di area internet gratis di kampus. Hmmm...

4. Terus-terusan memikirkan untuk segera pindah jurusan.

Hal ini seringkali terjadi ketika misalnya kamu bertemu dengan temanmu yang ada di jurusan lain yang kelihatannya keren. Atau orang yang bekerja di bidang tertentu yang tiba-tiba menginspirasimu. Kamu jadi terus memikirkan hal tersebut dan membayangkan seandainya kamu mengambil jurusan itu.

5. Susah konsentrasi saat di kelas.

Jika kamu sudah berada di dalam kelas, pikiranmu melayang entah ke mana. Apapun yang diucapkan dosenmu tidak ada mampir di telinga. Matamu juga sibuk memandangi jam atau arloji berharap kuliah itu cepat selesai.

6. Nilai semakin turun dan IPK semakin jeblok.

Waktu kuliah, kita semua pernah merasakan masuk ke kelas yang kita sama sekali nggak paham. Atau nggak suka dengan cara mengajar dosennya. Karena itu, nilai C di satu atau dua mata kuliah mungkin wajar. Namun, kalau kamu melihat nilai kamu banyak C dan D-nya, mungkin ini tanda bahwa jurusan ini bukan untuk kamu.

7. Nggak kebayang kalau lulus mau kerja apa.

iasanya ketika kamu berkuliah, kamu bisa membayangkan pekerjaan impian apa yang kamu inginkan dengan bekal ijazah dari universitasmu. Namun hingga saat ini di tengah masa perkuliahanmu, kamu bahkan belum punya bayangan akan jadi apa nantinya.

8. Nggak punya jawaban setiap kali ditanya "Kenapa milih jurusan ini?"

"Eummm, kenapa ya?? Eh tuh lihat ada kuda terbang!" sambil mengalihkan pembicaraan. Mungkin itu gambaran buat kamu yang salah jurusan ketika ditanyai tentang alasan memilih jurusan yang kamu pilih.

9. Cita-cita pekerjaan justru nggak ada kaitan sama jurusan kuliah.

Kamu sudah mulai menekuni bidang-bidang pekerjaan yang nggak ada hubungannya sama jurusanmu.

10. Nggak tertarik ngebahas jurusan sendiri, malah ngomongin jurusan lain.

Karena nggak ada chemistry dengan kuliah, kamu selalu merasa sulit memahami apa yang disampaikan dosen saat kuliah. Bagimu, materi kuliah yang disampaikan dosen adalah sesuatu yang sangat absurd, sehingga perlu secepatnya dihilangkan dari dalam kepala setelah keluar dari ruang kelas. Kamu merasa muak dan nggak ingin lagi membicarakan tentang jurusanmu.

Nah kalau kamu hanya merasakan dua sampai lima hal di atas, dan itupun nggak terjadi setiap hari mungkin itu hanyalah tanda-tanda kamu mulai bosan saja. Namun jika intensitasnya cukup sering dan dari kesepuluh hal di atas kamu rasain semu, kamu juga mulai harus memikirkan kembali mengenai jurusan yang kamu pilih.

Memilih jurusan kuliah memang tidak semudah memilih baju atau sepatu di mal. Kesalahan memilih jurusan akan menjadi penyesalan yang tidak hanya dirasakan semasa kuliah, namun juga seumur hidup. Maka dari itu, pertimbangkanlah dengan matang sebelum membuat keputusan.

sumber: brilionet.com
jangan salah jurusan ya gaes!!

Penulis

foto Alamsyah
Alamsyah
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Share

Komentar