UNJA TUAN RUMAH SEMIRATA 2017

access_time | label Berita
UNJA TUAN RUMAH SEMIRATA 2017

SEMIRATA (Seminar Nasional dan Rapat Tahunan) merupakan wadah temu ilmiah  bagi  peneliti, pendidik, mahasiswa maupun praktisi dari berbagai kalangan industri terutama yang berkaitan dengan MIPA Perguruan Tinggi  Negeri  Indonesia.  Di tahun 2017 ini, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia Bagian Barat (BKS-PTN BARAT) diselenggarakan pada tanggal 12-14 Mei 2017 oleh Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi sebagai Tuan Rumah. Kegiatan ini terdiri atas kegiatan rapat pimpinan dari berbagai bidang berada di bawah MIPA dan seminar hasil penelitian. Kegitan ini dilaksanakan di Ratu Convention Center dan Swiss Belhotel Jambi. Dalam hal ini akan dihadiri oleh 650 peserta yang berasal dari 44 Perguruan Tinggi  dan Instansi se Indonesia

Daftar Pendaftar Peserta SEMIRATA BKS PTN Bagian Barat

Aceh

Universitas Syiah Kuala

Universitas Samudera

 

Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara

Universitas Negeri Medan

 

Kepulauan Riau

Universitas Raja Ali Haji

 

Sumatera Barat

Universitas Negeri Padang

Universitas Andalas

Universitas Bung Hatta

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Politeknik ATI Padang

STKIP PGRI Sumbar

IAIN Bukittinggi

 

Jambi

Universitas Jambi

Universitas Muaro Bungo

IAIN Sulthan Thaha Saifuddin

IAIN Kerinci

SMPN-5 Negeri Kota Jambi

STIKES Harapan Ibu Jambi

 

Sumatera Selatan

Universitas Sriwijaya

Universitas Muhammadiyah Palembang

Universitas PGRI Palembang

UIN Raden Fattah Palembang

 

Bengkulu

Universitas Bengkulu

 

Lampung

Universitas Lampung

Institut Teknologi Sumatera

 

DKI Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah

 

Jawa Barat

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Singaperbangsa Semarang

Universitas Karawang

Institut Pertanian Bogor

Universitas Indonesia

 

DIY

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Gajah Mada

 

Jawa Timur

Universitas Brawijaya

Universitas Air Langga

 

Kalimantan Barat

Universitas Tanjung Pura

 

Kalimantan Tengah

Universitas Palangkaraya

 

Nusa Tenggara Timur

Universitas Katolik Widya Mandiri Kupang

 

Tema Semirata BKS-PTN barat bidang MIPA tahun 2017 ini menekankan peran sains, teknologi dan pendidikan MIPA dalam pembangunan khususnya dalam wilayah Propinsi Jambi, yang dalam ini menopang sains park, teknopark serta geopark berbasis agroindustri dan lingkungan.

Adapun manfaat dari kegiatan ini yaitu Meningkatkan peran Sains dan Pendidikan MIPA dalam upaya pengembangan sains park, teknopark serta geopark berbasisargoindustri dan lingkungan di Indonesia serta mendiseminasikan dan mendiskusikan hasil-hasil penelitian terkait MIPA dan Pendidikan MIPA dengan sesama peneliti dan pendidik maupun kepada pengambil kebijakan dan memfasilitasi komunikasi dan diskusi terkait permasalahan, peluang dan kemajuan aktual MIPA dan Pendidikan MIPA untuk menunjang percepatan pembangunan Indonesia.

Sementara itu, Seminar Nasional Sains dan Pendidikan MIPA mengangkat topik peran sains, teknologi dan pendidikan MIPA dalam menopang sains park, teknopark serta geopark berbasis argoindustri dan lingkungan. Seminar Nasional Sains dan Pendidikan MIPA akan menghadirkan Keynote Speakers dan Pembicara dalam Plenary Session yaitu Dr. Ir. Yunus Kusumahbrata, M.Sc (Staf Ahli Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)), Prof. Ali Ghufron Mukti, Ph.D (Dirjen Sumber Daya Manusia (SDM) dan IPTEK, Kemristekdikti)  serta Prof. Dr. M. Nur, M.Pd.(Pakar Pendidikan IPA Universitas Surabaya

Agenda lainnya adalah Rapat Tahunan Dekan dan Ketua Program Studi yang diikuti oleh lebih dari 30 Dekan MIPA dan Pendidikan MIPA serta lebih dari 150 Ketua Program Studi bidang MIPA dan Pendidikan MIPA dari Indonesia bagian Barat. Rapat Tahunan bersifat sangat strategis karena diantaranya membahas tentang Program Kerja Jangka Panjang dan Jangka Pendek serta berbagai kemungkinan kerjasama.

Diakhir acara, panitia juga akan mengadakan City Tour ke beberapa tempat sebagai bagian dari kegiatan semirata diantaranya yaitu Gentala Arasy, Museum, Candi Muaro Jambi, dan Mesjid Seribu Tiang.(bar)

Sumber : www.unja.ac.id

Penulis

foto Admin
Admin
EventKampus

Share

Komentar