Logo Eventkampus

Ingin Pintar! Kenali Cara Belajar Anda!

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Ingin Pintar! Kenali Cara Belajar Anda!

    Bagi para kaum pelajar maupun mahasiswa baik SD,SMP,SMA/K, bahkan mahasiswa sekalipun pasti memiliki kesusahan dalam belajar. manusia adalah makluk yang memiliki otak yang sangat cerdas, cuma sebagian orang merasa mereka kurang memahami materi yang mereka terima saat penyampaian materi, tak jarang banyak orang yang berusaha belajar dengan sangat keras akan tetapi hasilnya sama. kalau begitu, mari kita simak cara memahami cara belajar diri kita.

    sebagian orang memiliki cara belajar mereka, itu tergantung dari kebiasaan orang tersebut menyerap atau memahami pelajaran yang mereka dapat. Ada beberapa cara efektif untuk belajar agar mendapatkan hasil yang maksimal. sekarang mari kita bahas tentang gaya belajar seseorang dilihat dari kebiasaannya.

A. Tipe Visual

     Dalam tipe visual mereka lebih mengandalkan indera penglihatan atau mata. mereka akan cepat memahami yang mereka tangkap dari mata mereka dan disimpan dalam ingatan.
            Tipe visual biasanya memiliki ingatan yang sangat kuat terhadap bentuk, ruang, dan warna. oleh sebab itu ia akan mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan dalam bentuk media gambar, presentasi, atau simbol lainnya. keunggulan tipe ini adalah konsentrasinya tidak mudah terganggu meskipun belajar dalam suasana berisik.

B. Tipe Auditori

    Tipe auditori adalah mereka yang miliki indera pendengaran yang kuat dan sensitif terhadap suara. cara belajar yang seperti ini mudah untuk menyerap informasi dan memahami materi atau suara yang masuk lewat telinga. kebalikan dari tipe visual, orang dengan tipe auditori akan sulit berkonsentrasi dalam suasana berisik. bila ia ingin belajar harus dalam keadaan tenang.


      Tipe auditori akan mudah memahami maeri yang disampaikan melalui podcast atau rekaman suara. jika kamu adalah tipe auditori, kamu bisa menyimpan materi dalam audio atau music player untuk didengarkan kapan saja.

      Cara belajar efekti yang seperti ini juga mempermudah, karena kita tidak perlu menghafalkan materi pelajaran. Khususnya untuk siswa yang kurang dalam pemahaman hafalan, cara ini bisa dijadikan solusi belajar tanpa menghafal yang cukup efektif.

C. Tipe Fisikal atau Kinestetik

       Dalam tipe belajar ini, merek tidak bisa diam saat belajar. contohnya; belajar dengan perjalan atau mondar mandir, dan lain lainnya. Maka ia sangat suka dengan pelajaran yang bersifat praktik ketimbang duduk tenang, bagi mereka belajar dengan duduk dan mendengarkan terasa sanga membosankan dan mereka tidak mudah untuk paham soal materi yang disampaikan.

D. Tipe Verbal atau Lingustik

    Tipe ini memiliki kelebihan dalam soal berbahasa. Mereka biasanya suka membaca, pandai berbicara dan menulis. Telihat dari cara bertuturnya yang runtutu dan tulisannya yang sistematis. mereka mudah menyerap informasi dalam bentuk teks, atau bacaa. cara belajar yang efektif untuk tipe ini adalah membaca dan berdiskusi.

Nah jika kita sudah tahu seperti apa tipe belajar kita. kita bisa lebih berkembang dan mendapatkan hasil yang maksimal. sekarang mari kita bahas tentang cara efektik dalam belajar.

A. Spaced Repitition atau Pengulangan Berkala

    Kita terkadang sering tidak paham jika kita membaca materi sekali atau dua kali, dalam hal ini kita bisa mempratekkan waktu belajar yang sebentar namun sering. masudnya kita harus belajar lebih  produktif jika kita belajar secara teratur dengan beristirahat dengan tidur diantaranya.

B. Temukan Gaya Belajarmu Sendiri

    Untuk kali ini sama seperti pembahasan diatas, yaitu memahami gaya belajar kita, semakin kita tahu gaya belajar jika maka semakin produktif pula diri kita.

C. Tidur yang Cukup

    Tidur dan istirahat yang cukup merupakan hal yang vital dalam menyimpan informasi di dalam otak. Jadi kita jangan bergadang untuk belajar, maksimalkan waktu yang ada dan istirahatlah yang cukup.

D. Fokus

    Fokus dalam belajar, seperti serius mengerjakan soal atau mencari materi. jangan digabungkan dengan bermain atau bercanda, sebisa mungkin fokus pada tugas dan pelajaran yang kita hadapi. jika kita tidak bisa fokus, mungkin kita bisa pergi ketempat yang sunyi atau nyaman untuk belajar lagi.

E. Olahraga

    Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. ya memang dalam belajar tubuh kita harus senantiasa sehat agar kita bisa maksimal dalam melakukan belajar. jika saja diri kita sakit, maka kita tidak akan maksimal dalam melakukan proses belajar. maka penting bagi kita untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

F. Senanging Mapel Tersebut

    Seandainya saja kita tidak suka dengan mata pelajaran tertentu, pasti kita akan sulit memahami pelajaran itu. Maka dari itu kita harus menyukai semua mata pelajaran supaya kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal disetiap mata belajaran yang kita hadapi.

Penulis

foto Rahmad Fitroh Sumanto
Rahmad Fitroh Sumanto
SMK N Matesih

Komentar